newzizzahaz

menulis untuk pengingat ketika lupa

KENALI TANDA-TANDA IBU HAMIL MEMASUKI PERSALINAN

Memasuki trimester ketiga masa kehamilan istri saya, sering terjadi keluhan kenceng-kenceng (kontraksi) di sekitar perut. Kontraksi ini tidak terjadi terus menerus, namun kadang terasa menyiksa karena perut menjadi kram dan tegang, menimbulkan efek mengejan seperti mau buang air besar. Belum lagi ditambah tendangan-tendangan janin dari dalam yang semakin keras dan kuat.

Kontraksi pada wanita hamil mendekati waktu persalinan memang sering terjadi. Bagi Ibu yang pernah hamil dan melahirkan hal ini kadang bukan hal yang mengkhawatirkan. Tetapi pagi ibu yang baru hamil pertama kali, hal ini kadang menjadi tanda tanya apakah akan melahirkan atau belum. Ketika saya masih bertugas di IGD, seringkali saya mendapati pasien kebidanan dengan kasus seperti ini, rata-rata mereka baru pertama kali hamil, jadi belum pengalaman dengan kehamilan sebelumnya. Mereka datang dengan persiapan mau melahirkan, namun ketika diperiksa, belum ada pembukaan dari leher rahim.

Kontraksi atau kenceng-kenceng ini sebetulnya bukan tanda-tanda persalinan pasti tetapi merupakan salah satu dari  tanda-tanda persalinan palsu. Dalam ilmu kebidanan kontraksi pada rahim dinamakan hisKontraksi atau his hanya terjadi beberapa saat, kadang bisa hilang dengan istirahat baring, dan tidak menimbulkan pembukaan leher rahim atau serviks. Lalu, kontraksi seperti apa yang merupakan tanda-tanda persalinan pasti, sehingga para pasutri tidak salah dalam mengambil langkah untuk segera ke Rumah Sakit?

Tanda-tanda ini penting sekali untuk diketahui oleh ibu hamil dan suami, agar tidak salah dalam mengambil tindakan. Tanda-tanda persalinan pasti adalah sebagai berikut, namun belum tentu semua tanda ini akan didapatkan pada proses persalinan.

  1. Kekuatan his atau kontraksi makin sering terjadi dan teratur dengan jarak kontraksi yang semakin pendek.Kontraksi ini mungkin  serasa seperti kram saat menstruasi atau seperti nyeri punggung bagian bawah yang datang dan pergi (ma’af… karena saya laki-laki maka saya tulis mungkin karena saya belum pernah menstruasi dan hamil… :D ).
    Pada tahap awal persalinan, interval kontraksi terjadi antara 20 sampai 30 menit. Setelah selang beberapa jam kontraksi biasanya akan mulai terjadi pada interval yang lebih pendek, dan terjadi setiap 10-15 menit atau kurang. Dalam keadaan normal, kontraksi ini akan bisa terjadi dalam waktu yang lebih pendek lagi yaitu 5 menit sekali.His yang seperti ini sudah bukan tanda-tanda persalinan palsu lagi karena kontraksi tidak hilang walaupun dilakukan istirahat baring. Segera hubungi dokter atau bidan anda bila tanda-tanda ini sudah datang, jangan tunggu tanda-tanda yang lain.
  2. Dapat terjadi pengeluaran pembawa tanda, yaitu adanya cairan lendir bercampur bercak darah pada jalan lahir. Lendir bercampur darah merupakan tanda-tanda pembukaan serviks (leher rahim)
  3. Dapat disertai ketuban pecah. Tak jarang hal ini terjadi, karena adanya tekanan dari dalam sedangkan serviks sudah terbuka, sehingga selaput ketuban pecah. Namun hal ini tidak selalu terjadi pada setiap ibu melahirkan, kadang selaput ketuban masih utuh sampai menjelang bayi keluar dari rahim. Untuk membedakan air ketuban atau air kencing adalah bila air kencing berbau pesing maka air ketuban berbau amis. Keluarnya air ketuban tidak dapat ditahan sedangkan buang air kecil masih bisa ditahan.
  4. Pada pemeriksaan dalam, dijumpai perubahan serviks , bisa perlunakan serviks, pendataran serviks, dan terjadi pembukaanserviks. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih dengan cara memasukkan 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) ke dalam liang vagina, untuk meraba portio (mulut rahim). Pelebaran atau pembukaan ini biasanya diukur dalam sentimeter.Mungkin seringkali kita mendengar dokter atau bidan akan mengatakan baru mbuka 2 atau mbuka 7 dan mbuka berapa… itu merupakan pembukaan serviks dalam cm. Ukurannya adalah 1 cm  s/d 10 cm. ”Fully dilated(Sepenuhnya melebar atau sudah pembukaan penuh)” berarti ukuran leher rahim anda berada di 10 cm dan siap untuk melahirkan.

Sudah jelas kan tanda-tanda ini, yang terpenting jangan tunggu lebih lama lagi bila salah satu dari tanda-tanda persalinan sudah ada, segera ke instansi medis yang anda percaya untuk menolong persalinan keluarga atau diri anda sendiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat

Sumber : ( Sinopsis Obstetri, 1998)

About these ads

Single Post Navigation

2 thoughts on “KENALI TANDA-TANDA IBU HAMIL MEMASUKI PERSALINAN

  1. jadi ingat masa-masa hamil istri saya dulu, nice sharing.. :)

  2. wah, sangat bermanfaat ini Mas……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: