newzizzahaz

menulis untuk pengingat ketika lupa

TIPS MENYUSUI UNTUK IBU BEKERJA

Sepertinya sangat merepotkan bagi seorang ibu bekerja yang harus memenuhi hak menyusui kepada anaknya yang masih dalam masa penyusuan. Di satu pihak ia dituntut perusahaan untuk tidak meninggalkan pekerjaan, namun di pihak lain ia dituntut anak untuk memenuhi kebutuhan penyusuan selama 2 tahun. Sedangkan pihak perusahaan biasanya hanya memberikan cuti maksimal 3 bulan pasca melahirkan. Itupun kalau perusahannya penuh dengan toleransi, kadang ada perusahaan yang tidak memperdulikan hal itu sehingga hak cuti hanya beberapa hari saja.

Bagaimanapun juga anak adalah amanah Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi kedua orang tua, semaksimal mungkin kita harus memberikan yang terbaik buat mereka. Dalam masa penyusuan,  ASI adalah yang terbaik bagi anak yang tidak bisa digantikan dengan susu yang lain. Biasanya seorang ibu pekerja akan meninggalkan susu formula bagi sang anak ketika ditinggal bekerja. Kadang hal ini bukan dikarenakan sang ibu tidak mau menyususi anak, tapi keadaanlah yang memaksa sang ibu harus berbuat demikian. Walaupun secara idealis suami yang harus bekerja, tapi dalam kenyataannya, seorang istri juga bisa bekerja dan berkarir mencari nafkah untuk keluarga. Lalu… apakah seorang ibu pekerja harus meninggalkan pekerjaannya untuk memenuhi hak penyusuan sang anak? Tentunya tidak harus demikian. Ibu tetap bisa bekerja, tapi hak anak untuk memperoleh ASI tetap bisa terpenuhi.

Berikut ini akan saya tulis beberapa tips menyusui untuk ibu bekerja. Kebetulan istri saya juga seorang ibu bekerja, masuk dari jam 7 pagi dan pulang jam 2 siang. Secara otomatis ada waktu 7 jam istri saya meninggalkan Husein yang baru berumur 5 bulan, bungsu saya selama ini. Tapi alhamdulillah, ASI untuk Husein tetap bisa diberikan, dengan cara melakukah perah ASI. Selama ditinggal bekerja, istri saya meninggalkan beberapa dot ASI di kulkas, yang nantinya akan diminumkan kepada Husein. Apakah ASInya tetap sehat? InsyaAllah bila dilakukan pemerahan secara betul, kwalitas ASI tetap bagus dan lebih bagus daripada susu formula.

Tipsnya adalah sebagai berikut,

Saat Ibu Masih Cuti Melahirkan

  • ASI bisa diberikan secara langsung, karena ibu masih di rumah.
  • ASI akan melimpah prodoksinya ketika bayi berumur kurang lebih 1 bulan. Pada saat itu ASI kadang sampai tambas, membasahi baju, terutama malam hari ketika bayi tertidur pulas kekenyangan. Ketika itu anda bisa melakukan perah ASI, bisa dengan telapak tangan atau alat yang baik. Jangan lupa, sebelum memerah ASI, sterilkan alat pemerah dan botol dot dengan cara merendamnya di dalam air yang mendidih. ASI bisa ditampung di dalam  botol dot tanpa puting, tutup dengan rapat, jangan lupa beri label dan ditulis tanggal dan bulan ketika memerah.Masukkan ASI perahan ke dalam freezer lemari es, Insya Allah Asi yang sudah membeku bisa tahan 3 sampai 6 bulan (bilang WOW gitu). Dengan catatan, freezer dalam keadaan baik dan tidak untuk menyimpan makanan lain selain ASI.Bila tidak percaya bisa klik di sini
ASI beku dan ASI cair

ASI beku dan ASI cair

 

Saat Ibu Sudah Mulai Bekerja

  • Bila di rumah, berikan ASI secara langsung.
  • Saat Ibu bekerja, tabungan ASI dalam freezer sudah saatnya digunakan. Minumkan ASI perasan dari urutan tanggal yang terlama. Cara mencairkan ASI yaitu dengan cara menghangatkan ASI dalam botol dot. Masukkan botol dot ke dalam baskom yang telah diisi air panas mendidih. Tunggu beberapa saat sampai ASI benar-benar pada suhu yang sama dengan suhu tubuh (suam kuku). ASI yang telah dihangatkan ini bisa bertahan selama 6 jam pada suhu kamar, namun bila tidak habis, ASI tidak dapat disimpan lagi dan harus segera dibuang.

Menghangatkan ASI beku

 

  • Sa’at ibu berada di tempat kerja, Payudara ibu akan terisi penuh dengan ASI. Bila tempat kerja dekat dan mendapatkan ijin untuk pulang, maka pulanglah untuk menyususi anak anda secara langsung.
  • Bila tempat kerja jauh dan ibu tidak mendapatkan ijin untuk pulang, maka ibu bisa memerah ASInya. Karena dilakukan di tempat kerja, maka jangan dilakukan di sembarang tempat,  bagaimanapun juga payudara adalah aurat yang harus selalu ditutupi terutama di tempat umum yang kebanyakan orang adalah non mahram. Lakukan ritual perah ASI di dalam ruangan yang tertutup dengan pintu yang bisa dikunci.
  • ASI perahan dapat dimasukkan ke dalam lemari es bukan freezer, atau termos es yang sudah diberi es batu yang cukup untuk mempertahankan suhu dingin. Bila ada kerabat yang bisa mengambil ASI perahan ini, maka segera bawa pulang dan harus segera diberikan kepada anak anda. ASI perahan ini bisa bertahan selama 6 jam pada suhu ruangan.
  • Bila tidak ada yang bisa mengambil ASI perahan, maka Anda bisa membawanya pulang, dengan memasukkan botol ASI ke dalam cooler bag yang telah diisi es batu. Sesampai di rumah segera masukkan ASI ke dalam lemari es, bukan freezer. ASI bisa bisa bertahan dalam waktu 48 jam, sehingga masih layak untuk diberikan esok hari.

Cooler bag

 

CARA MEMERAH ASI

  1. Ibu bisa menggunakan tangan langsung tanpa alat. Masukkan puting susu ke mulut dot. Tangan kiri memegang dot, sedangkan tangan kanan memijat payudara, maka ASI akan keluar dan tertampung di dot. Ibu dapat merasakan bagian payudara yang kosong dan terisi, sehingga pijatan bisa dipilih secara tepat. Cara ini memerlukan latihan dan perlu dilatih secara terus – menerus.
  2. Lebih praktis lagi dengan menggunakan alat pemerah khusus. Tidak dianjurkan alat pompa dengan balon karet yang biasa beredar di pasaran karena kurang higienis, dan tidak bisa menyeleksi kantong susu yang berisi atau sudah kosong. Alat ini akan menyedot semuanya sehingga kantong ASI yang kosong akan rusak karena dipaksa disedot terus. Alat pompa yang betul mempunyai penampung ASI yang kebersihannya dapat dijaga dengan baik. Istri saya punya pompa ASI keluaran PIGEON, alhamdulillah sampai saat ini berfungsi sangat baik dan tidak menimbulkan keluhan di seputar payudara. Saya berada di kota SOLO, dulu beli di swalayan SAMI LUWES, bagian baby shop. Harganya Rp 365.000,00. Lumayan mahal, tapi cukup murah bila dibandingkan dengan manfaat yang akan kita terima nanti.

alatnya kayak gini, lengkap dengan ASI perahannya

 

BREAST PUMP SET PIGEON (ALAT POMPA ASI) MANUAL KOMPLIT DENGAN BOTOL SUSU.

Mudah kan bu…. kalau niat kita ikhlas karena mengharap ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala saja, hal ini akan terasa ringan. Yakinlah manfaat yang luar bisa besar, juga pahala yang melimpah akan kita dapatkan. Walaupun ibu tetap bekerja tapi tugas suci dalam mengemban amanah Allah tetap bisa terlaksana.

۞ وَٱلۡوَٲلِدَٲتُ يُرۡضِعۡنَ أَوۡلَـٰدَهُنَّ حَوۡلَيۡنِ كَامِلَيۡنِ‌ۖ لِمَنۡ أَرَادَ أَن يُتِمَّ ٱلرَّضَاعَةَ‌ۚ وَعَلَى ٱلۡمَوۡلُودِ لَهُ ۥ رِزۡقُهُنَّ وَكِسۡوَتُہُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِ‌ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفۡسٌ إِلَّا وُسۡعَهَا‌ۚ لَا تُضَآرَّ وَٲلِدَةُۢ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوۡلُودٌ۬ لَّهُ ۥ بِوَلَدِهِۦ‌ۚ وَعَلَى ٱلۡوَارِثِ مِثۡلُ ذَٲلِكَ‌ۗ فَإِنۡ أَرَادَا فِصَالاً عَن تَرَاضٍ۬ مِّنۡہُمَا وَتَشَاوُرٍ۬ فَلَا جُنَاحَ عَلَيۡہِمَا‌ۗ وَإِنۡ أَرَدتُّمۡ أَن تَسۡتَرۡضِعُوٓاْ أَوۡلَـٰدَكُمۡ فَلَا جُنَاحَ عَلَيۡكُمۡ إِذَا سَلَّمۡتُم مَّآ ءَاتَيۡتُم بِٱلۡمَعۡرُوفِ‌ۗ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعۡمَلُونَ بَصِيرٌ۬ (٢٣٣)

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” 

(Al-Baqarah: 233).

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Single Post Navigation

16 thoughts on “TIPS MENYUSUI UNTUK IBU BEKERJA

  1. Alhamdulillaah istri saya sudah menjalankan tipsnya. Kami ingin yang terbaik untuk anak kami. :)
    ————————————-
    ainul harits : semoga istiqomah mas… dukung sang istri agar bisa memeberikan yang terbaik untuk anak.

  2. pengalaman saya dulu waktu istri kerja diluar pas waktu istirahat pulang untuk menyusui , ini semua juga demia anak yang merupakan amanha dari Allah

  3. postingan yang sangat bermanfaat sobat,
    putra ana baru berusia 10 bulan,
    sangat membantu

  4. istri saya ingin membarikan ASI untuk anak, tapi apa daya karena sesuatu hal gak bisa memberikan… ahirnya di ganti susu buatan…

  5. teramat berat masa masa menyusui

  6. Putra akang (gilang) tidak mendapatkan ASI krn sejak lahir harus berada di inkubator dan menggunakan ventilator selama 3 minggu. Sempat istri memerah ASI-nya tapi sangat sedikit (mungkin karena ssock dng keadaan gilang). Setelah sebulan gilang dirawat, ASI sdh tidak keluar lg. Alhamdulillah untuk putra kedua bisa mendapatkan ASI yg lebih baik.

  7. ibu-ibu sekalian,
    penting banget ni.
    bapak-bapak cukup merekomendasikan supaya ibu-ibu membaca postingan ini.

    kalo saya, istri di rumah, dan sekarang anak-anak udah gede-gede. jadi belum pernah mengelola ASI serumit ini.

  8. ASI memanglah yang terbaik buat bayi. Dikasih susu formula yang dari Sapi yang seharusnya buat anak sapi, eh dikasih ke anak manusia :).

    Mantabs tips nya. Langsung dipraktekin deh ke istri saya yang masih menyusui bayi kami umur 3 minggu.

  9. makasi tipsnya pak ^^
    temen2 saya yg masih harus kasih asi juga, tiap istirahat pada bawa pompa asi :)
    selalu ada jalan bila kita mau berusaha :)

  10. tipsnya memang WOW pak… Insya Allah berguna bagi ibu2 menyusui ya…

  11. wau,…banget ni gan,..saya baru tau,..alat perahannya ternyata simple,..:D

  12. Wah.. tipsnya pasti sangat berguna banget ini, terutama bagi First Experience Mums yang baru pertama kali punya bayi..

  13. alhamdulillah aku punya istri yang dahsyat yang masih sempat meluangkan waktunya buat mompa susu…8 bulan anakku asi ekslusive

  14. wah tulisan ini cocok buat istri saya kelak
    bookmark dulu om

  15. makasih tips nya mbakkk…. sangat berguna buat saya nantiiii :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: