MACAM-MACAM ABORTUS

Pendarahan pada wanita hamil muda seringkali terjadi, seperti yang dialami istri saya beberapa waktu yang lalu. Pendarahan ini dalam dunia medis disebut abortus atau dalam bahasa awwam disebut keguguran. Alhamdulillah, untuk kasus abortus pada istri saya bisa dipertahankan dan tidak perlu tindakan kuretase (kiret).

Banyak yang tidak tahu tentang abortus, karena setiap pendarahan sebetulnya belum tentu abortus.  Abortus/keguguran sendiri artinyasuatu ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram.Sedangkan konsepsi merupakan pembuahan sel sperma terhadap sel telur.

Abortus  bermacam-macam jenisnya, makanya tidak setiap pendarahan selalu dilakukan tindakan kiret/kuretase. Ada yang dipertahankan sampai waktu tertentu dengan cara baring total dan obat-obatan penguat kandungan. Macam-macam abortus adalah :
1. Abortus Komplet
Seluruh hasil konsepsi telah keluar dari rahim pada kehamilan kurang dari 20 minggu. Untuk memastikan rahim sudah bersih atau belum bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG oleh dokter Spesialis Obstetri  dan Ginekologi. Tidak memerlukan penanganan khusus apabila rahim sudah bersih. Hanya saja pendarahan yang banyak bisa menimbulkan anemia atau kehilangnan haemoglobin dalam jumlah besar sehingga diperlukan tranfusi darah. Kalau hanya menderita anemia ringan saja, perlu diberikan tablet besi dan dianjurkan supaya makan makanan yang mengandung banyak protein, vitamin dan mineral.
2. Abortus Inkomplet
Sebagian hasil konsepsi telah keluar dari rahim dan masih ada yang tertinggal. Konsepsi yang tertinggal bisa menjadi sumber pendarahan yang tidak bisa dihentikan. Hal ini bisa menimbulkan keadaan ibu terjatuh pada kondisi syok hypovolemik. Perlu segera dibawa ke Rumah Sakit untuk dilakukan pemasangan infus sebagai penanganan dari kondisi syok. Bila kondisi syok sudah teratasi dilanjutkan dengan tindakan kuretasi oleh dokter ahli kandungan.
3. Abortus Insipiens
Abortus yang sedang mengancam yang ditandai dengan serviks yang telah mendatar, sedangkan hasil konsepsi masih berada lengkap di dalam rahim. Untuk mengetahui hal ini perlu pemeriksaan tenaga ahli dengan memasukkan jari ke liang vagina untuk meraba portio atau bibir rahim. Bila umur kehamilan kurang dari 12 minggu bisa dilakukan kuretase.
4. Abortus Iminen
Abortus tingkat permulaan, terjadi perdarahan melalui vagina, bisa berupa bercak-bercak, atau lebih banyak lagi, sedangkan jalan lahir masih tertutup dan hasil konsepsi masih baik di dalam rahim.Yang seperti ini type abortus istri saya. Bedrest total atau istirahat baring merupakan unsur penting dalam pengobatan karena cara ini akan mengurangi rangsangan mekanis dan menambah aliran darah ke rahim. Ditambahkan obat-obat penguat yang mengandung horman progesteron untuk mempertebal dinding rahim.
5. Missed Abortion
Abortus yang ditandai dengan embrio atau fetus telah meninggal dalam kandungan sebelum kehamilan 20 minggu dan hasil konsepsi seluruhnya masih dalam kandungan. Karena seluruh hasil konsepsi masih di dalam kandungan, kemungkinan menempelnya ari-ari/placenta pada kandungan sangat tinggi, sehingga tindakan kuretase harus dilakukan dengan hati-hati.
6. Abortus Habitualis
Abortus yang terjadi sebanyak tiga kali berturut turut atau lebih.

Ternyata banyak kan jenisnya, juga bahasanya lumayan aneh untuk awwam. Di era sekarang, sebetulnya kaum awwampun diharapkan tahu istilah medis, karena bahasa medis kadang tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa awwam. Era internet akan membuat awwam lebih mudah untuk belajar hal ini. Kalau awwam juga tahu bahasa medis, maka konsultasi kesehatan terhadap tenaga medis akan lebih mudah.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s