Persalinan Menurut Umur Kehamilan

menghitung-usia-kehamilanMusim kelahiran, ya…. mungkin ungkapan itu tepat sekali disematkan pada bulan-bulan tertentu karena seringnya terjadi angka kelahiran.Bulan Pebruari ini saya seringkali mendengar kabar teman yang melahirkan, mendahului kelahiran dari kehamilan istri saya yang diperkirakan pada bulan April besok.

Kelahiran adalah hal yang ditunggu-tunggu selama proses kehamilan, karena kelahiran merupakan akhir dari kehamilan dan awal dari kehidupan yang baru. Hari Perkiraan Lahir (HPL) menjadi patokan sebuah penantian, apakah maju dari HPL atau tepat waktu ataukah mundur dari HPL. Tidak perlu menanti terlalu lama, begitu kata mereka yang mau melahirkan bila persalinan maju dari perkiraan. Tapi persalinan akan menjadi problem bila maju terlalu panjang sehingga terjadi kelahiran prematur. Juga bila mundur terlalu panjang maka akan menjadi post matur, sehingga harus dilakukan tindakan pengakhiran kehamilan dengan obat-obatan pemacu kelahiran atau bahkan harus melalui meja operasi. Lalu kapan kelahiran bisa dikatakan prematur atau matur dan post matur?

Dalam medis, kata persalinan lebih sering disebut dengan katapartus. Persalinan (partus) adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri) yang dapat hidup kedunia luar, dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalan lain. (Sinopsis Obstetri, 1998 : 91).  Menurut umur kehamilan, maka persalinan dapat dibagi menjadi beberapa jenis(Muchtar, 1998) :

  1. Partus prematurus, adalah persalinan dari hasil konsepsi pada kehamilan 28 sampai 37 minggu, janin dapat hidup tetapi prematur(belum cukup bulan), berat janin antara 1000 – 2500 gram.
  2. Partus Maturus, adalah persalinan pada kehamilan 37 – 40 minggu, janin matur (cukup bulan), berat badan diatas 2500 gram.
  3. Partus post maturus, adalah persalinan yang terjadi 2 minggu atau lebih dari waktu yang ditaksir (HPL), janin disebut post matur atauserotinus.

Dalam medis, umur kehamilan dihitung dengan minggu bukan bulan, tapi masyarakat awwan kebanyakan menghitungnya dengan bulan. Masyarakat Awwam dalam hal ini akan kesulitan menentukan apakah persalinan mereka sudah cukup bulan atau belum karena patokan bulan mereka adalah 1 bulan = 4 minggu. Lihatlah ketika dikatakan kepada mereka tentang umur persalinan normal adalah 37-40 minggu, mereka akan menghitung , 37 minggu dibagi 4 (37 : 4 = 9 bulan lebih 1 minggu) atau bila umur 40 minggu maka 40 minggu : 4 = 10 bulan .  Lalu bila dalam Islam dikatakan umur ibunda yang mengandung kita adalah 9 bulan, apakah bertentangan dengan medis yang mengatakan umur kelahiran normal adalah 37 minggu s/d 40 minggu. Bukankah angka itu bila dibulankan maka akan ketemu angka 37 minggu = 9 bulan 1 minggu, dan 40 minggu = 10 bulan?

Sesungguhnya medis dalam hal ini tidak bertentangan dengan Islam. Dalam medis 1 bulan tidak sama dengan 4 minggu, tetapi 1 bulan adalah 30 hari sedangkan 30 hari itu tidak sama dengan 4 minggu. Medis juga tidak menghitung Januari 31 hari atau yang lain 30 hari, semua seragam 30 hari. Jadi bila dikatakan umur kehamilan 40 minggu maka cara mengkonversikan ke dalam bulan adalah, 40 minggu dijadikan hari dulu, maka 40 minggu x 7 hari didapatkan angka… sebentar ambil kalkulator dulu, biar hasilnya valid … hasilnya 280 hari. Trus 280 hari jadikan bulan dengan membaginya dengan angka 30, dengan asumsi 1 bulan adalah 30 hari. Hasilnya adalah…… 9, 33333. Sembilan bulan lebih sedikit saja, atau lebih tepatnya 9 bulan 10 hari. Iya kan tidak begitu jauh berbeda. Jelas kan, bahwa medis tidak bertentangan dengan Islam dalam menyikapi umur kehamilan ini.

Sudah jelas dan gamblang kan…. Selanjutnya bagi ibu hamil semoga bisa melahirkan ketika umur kehamilan sudah matur, bukan prematur atau post matur.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

2 thoughts on “Persalinan Menurut Umur Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s