Kena Hack Lagi

http://buddytanjaya.blogspot.com

Hilang dari peredaran… yah… begitulah diriku beberapa saat yang lalu. Enam bulan lamanya aku harus hilang dari peredaran dunia perblogeran, tidak pernah update status, blogwalking, atau aktifitas yang lain. Bukan berarti aku malas untuk aktifitas di dunia maya, atau bosan dengan dunia blog… bukan itu… Hal ini dikarenakan blogku www.zizzahaz.com dikuasai hacker jahat. Minimnya ilmuku membuat aku tak bisa berbuat apa-apa.

Mengelola blog berbayar kukira begitu mudah. Aku salah sangka, karena ternyata blog berbayar begitu rumit, tak semudah blog gratisan yang menyediakan plugin-plugin siap pakai. Plugin di blog berbayar harus diinstal dulu, bahkan juga harus membayar lagi. Belum lagi gangguan-gangguan dari hacker jahat yang berusaha merusak blog kita. Minimnya plugin keamanan di blogku menjadi sasaran empuk hacker. Entahlah… aku tidak tahu, ada maksud apa dibalik semua itu. Padahal, blogku tidak istimewa, biasa-biasa saja, PR cuma 1, Alexa Rank juga sebesar gajah hamil disengat seribu lebah madu.

Tiap hari ratusan komentar spam mampir di blogku, membuat spaceku berkurang terus. Hacker pernah membuat blogku menjadi seram, tiap kali aku berkunjung ke blogku, yang muncul adalah gambar tengkorak manusia dan tulisan kemenangan sang hacker. Dengan bantuan seseorang aku bisa mengatasi gangguan ini. Tapi itu tak berlangsung lama… aku kira blogku aman-aman saja, tak tahunya ada gangguan yang lebih buruk, karena aku sama sekali tidak bisa login ke blogku. Email dan passwordku jadi tidak dikenal. Aku coba mereset pasword lewat email, tapi jawaban wordpress, email anda tidak dikenal. Lho… sejak kapan nih wordpress ga kenal emailku. Aneh sekali nih. Aku coba tanya ke teman, saudara, adik, sampai eyang gugel sekalipun, belum ada yang tahu jawabannya. Mungkin ada solusi dari sahabat blogger semua dengan masalah ini… please…

Kalau memang blogku sudah tidak dapat diselamatkan, ya sudahlah… terpaksa aku balik lagi ke blog gratisan. Pernah dulu aku malang melintang di blog gratisan www.zizzahaz.wordpress.com , lumayan rame sebetulnya, tapi aku dianggap curang oleh wordpress, sehingga blog lamaku kena suspend. Entahlah… aku sendiri tidak menyadari apa kecuranganku, perasaan aku cuma menulis dan menghias blogku dengan hal-hal yang lumrah di blog gratisan. Sedih juga ketika itu, karya tulisku harus hilang tak berbekas. Yah… semoga kali ini aku bisa exis terus menulis tanpa adanya gangguan-gangguan yang menimbulkan kesedihan di hatiku

Selanjutnya aku akan comeback sebagai pendatang baru lagi, semoga segera mendatangkan manfaat bagi banyak orang.

gambar dipinjam dari http://buddytanjaya.blogspot.com

13 thoughts on “Kena Hack Lagi

  1. Sebuah pengalaman yang paling tidak diinginkan oleh para blogger, semoga bisa menjadi pelajaran bagi yang lainnya. Terima kasih telah berbagi…salam kenal.
    ———————————
    Ainul Harits : iya… Saya juga tidak menginginkan hal ini akan terjadi lagi pada saya. Salam kenal juga kang…

    Suka

  2. Sangat sedih kalau blog kita kena gangguan seperti itu. Pantesan kok selama ini susah dicari, bukan cuti atau hiatus ternyata kena hack.
    —————————-
    ainul harits : iya pak… doakan saya tetap eksis ya… alhamdulillah ternyata kita masih dipertemukan Allah subhanahu wa ta’ala.

    Suka

  3. Mungkin kurang rajin update versi WordPress nya kali ya? Atau ada plugin-plugin jahat yang diinstal secara tidak sengaja. Kalau dari pihak sist ga ada yang bermasalah, bisa jadi pihak hostingnya yang kebobolan. Biasanya sih solusinya me-restore data yang sudah di backup sebelumnya. Lalu dengan segera mencari celah yang ada.
    —————————-
    ainul harits : terimakasih solusinya mas lukman… nanti akan saya coba.

    Suka

  4. wah sayang sekali yah, udah PR 1 tapi kena hack begitu. Kalau saya masih menggunakan yang gratisan (blogspot), tapi saya redirect ke .com. Alhamdulillah aman-aman saja karena hostingnya masih make blogger. Cuma alamatnya saja yang saya pindah dari .blogspot.com ke .com.

    Suka

  5. Wah..bisa begitu ya… Thanks infonya. Saya benar-benar belum mengerti seluk beluk dunia blogging. Selama ini hanya ngikut wordpress aja dan nggak install apa-apa..

    Mudah-mudahan kali ini blognya selamat ya Mas..

    Suka

  6. Ummu El Nurien berkata:

    iya kan, aku juga bikin blog berbayar, ternyata cukup rumit buatku,, sungguh sangat menguras waktu..

    sungguh mengerikan ya kang, , dulu juga aku pernah suspend, kalau kabut bukan main, yang kita sayangkan bukan stite atau blog tapi tulisannya. alhamdulillah setelah kirim email pa wp nya, alhamdulillah di balikin..

    ya semoga saja dengan pengalaman ini, membuat kita lebih berhati-hati.. setidaknya kita copy atau back-up semua tulisan-tulisan kita,

    Suka

Tinggalkan Balasan

