Mencari 1 Masjid di Pulau 1000 Pura

Pulau 1000 pura,  begitulah pemandu wisata saya mengatakan tentang julukan pulau Bali selain pulau dewata. Saya kira julukan pulau 1000 pura itu tidak benar, karena saya melihat hampir setiap rumah dan bangunan di bali hampir pasti punya pura. Padahal di Bali ada lebih dari 1000 rumah, jadi puranya juga pasti lebih dari 1000 buah. Tapi yang namanya bahasa Indonesia, hal itu ya tetap benar, karena 1000 yang dimaksud melambangakan karena sangat banyaknya.

Saya pergi ke pulau 1000 pura, berangkat pada hari Jum’at, dari bandara Adi Sumarmo Jogjakarta jam 07.25 WIB dan dijadwalkan sampai bandara Ngurah Rai jam 09.30 WITA. Ada kekhawatiran saya akan tertinggal shalat jum’at, karena saya membayangkan betapa sulitnya mencari masjid di antara 1000 pura. Apalagi saya buta sama sekali tentang Bali. Akhirnya saya tanya ke eyang gugel sebelum berangkat ke Bali. Karena saya berencana menginap di hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, maka saya pakai keyword Masjid dekat hotel Inna Grand Bali Beach Sanur. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang memudahkan saya …. Ternyata dari pencarianku saya dapatkan sebuah masjid di antara 1000 pura, masjid Al ihsaan, yang ternyata satu komplek dengan hotel Inna. Tenang hati ini rasanya karena saya membayangkan kemudahan beribadah saya selama di pulau dewata, pulau 1000 pura.

Rencana tinggal rencana… Manusia berencana Allahlah yang menentukan. Sesampai di Bali saya gagal shalat Jum’at di masjid Al ihsaan. Allah ternyata punya rencana lain yang lebih indah. Dari bandara Ngurah Rai saya dan kawan-kawan dari Solo dijemput pak Kadek, yang selanjutnya beliau menjadi pemandu kami selama di Bali. Pak Kadek tidak langsung membawa saya ke hotel Inna, tapi ke hotel Kartika Plaza, di sana ada acara dokter nefrologi seluruh Indonesia. Di hotel inilah saya menjalankan shalat jum’at bersama-sama dengan seluruh peserta seminar yang muslim. Alhamdulillah… ternyata hidup begitu mudah… tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya.

Selesai shalat jum’at saya diantar pak Kadek ke hotel Inna, tapi di tengah perjalanan saya mendapat kabar bahwa saya tidak menginap di hotel Inna, melainkan di hotel Sanur Paradise Plaza. Hwaduh… kenapa begini? Saya coba untuk googling lagi, kali ini keywordnya masjid dekat hotel Sanur Paradise Plaza. Ternyata hotel Sanur Paradise dan hotel Inna itu berdekatan, jadi masjid terdekat ya masjid al Ihsaan. Tenang lagi deh hati ini.

masjid di lihat dari luar pagar

Masjid Al Ihsaan. Jalan Hang Tuah, Komplek Inna Grand Bali Beach Hotel,Sanur, Denpasar. Bali. Letak masjid dengan obyek wisata pantai Sanur hanya berjarak 5 sampai 10 menitan jalan kaki sebelum menuju ke pantai Sanur. Pantai Sanur terkenal dengan panorama Sunrisenya, sehingga bila Anda bewisata ke Bali, lebih baik Anda jadikan sebagai tujuan pertama. Anda harus datang pagi-pagi sekali sebelum subuh, untuk selanjutnya Anda bisa mampir dulu ke masjid Al ihsaan untuk menjalankan ibadah Shalat subuh. Awali wisata Anda di Bali dengan shalat subuh berjamaah di masjid al-ihsaan Sanur.

Pertama kali masuk ke masjid al ihsaan ada perasaan seperti bertemu saudara di perantaun. Bangunan mesjid ini lebih mirip pendopo di kantor-kantor pemerintah di jawa. Samping kanan kiri dan bagian depan masjid tidak ada tembok yang menghalangi, sehingga kita dapat melihat secara langsung seluruh isi masjid dari luar. Tidak ada kubah yang menjadi ciri khas sebuah masjid pada umumnya. Namun ada bedhug yang diletakkan di dekat pintu masjid, sebagai syimbol adanya masjid.

gerbang pintu masuk masjid

naaa … itu dia bedhugnya, tapi sayang, fotonya gelap

Ada rasa kagum saya terhadap muslim bali yang selalu menjaga shalat berjamaaah di masjid ini. Setiap kali saya datang di sana, jamaah muslim bali sudah berdatangan walaupun adzan belum berkumandang. Berbeda sekali debgan muslim di daerah saya tinggal di Solo Jawa Tengah. Muadzin selalu menjadi yang pertama kali datang dalam shalat berjamaah, kemudian sesaat setelah adzan berkumandang, barulah para jamaah berdatangan. Nuansa NU kental sekali di sini, mirip dengan suasana masjid di daerah pantura.

menunggu sa’at shalat

Yupz… itu saja cerita saya tentang pencarian 1 masjid di antara 1000 pura, semoga informasi ini bermanfaat bagi muslim yang akan pergi ke Bali. Bagaimanapun keadaan kita, dan di manapun kita harus tetap menjaga shalat wajib 5 waqktu. Ini merupakan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Memang pelaksanaannya tidak harus di masjid, tapi alangkah baiknya bila bisa kita laksanakan di masjid karena di sanalah kita akan mengenal saudara kita sesama muslim.

Bagi yang ingin mencari masjid masjid yang lain dan info warung makan di bali bisa kunjungi www.balimuslim.com , InsyaAllah informasinya terpercaya.

19 thoughts on “Mencari 1 Masjid di Pulau 1000 Pura

  1. Kalau niat beribadah insyaAllah pasti akan dimudahkan jalannya.🙂
    Wah terbayang rasanya kalau menemukan masjid di wilayah yang minim jumlah penduduk muslimnya. Karena saya sempat merasakan hal yang sama ketika berada di negaranya om Sam, saat bertemu masjid rasanya terharu sekali.🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s