Temans Terbaikku Dalam Bekerja

Untuk mendukung sebuah pekerjaan berhasil dengan baik, memang dibutuhkan teman atau partner kerja yang baik dan professional. Begitu juga dengan saya, keberhasilan dalam bekerja sangat dipengaruhi oleh teman-teman terbaik saya.

Kali ini saya akan memperkenalkan mereka, para teman terbaikku. Walaupun namanya asing tapi saya yakin mudah diingat, karena nama mereka keren-keren. Akan saya sebutkan satu persatu :

1.Mesin Fresenius

Sebagai tukang cuci professional, saya juga harus didukung mesin cuci yang professional pula. Mesin fresenius ini ngakunya lahir di Jerman ( bukan jejer Kaman lho ), tempat saya ada 2 type, yang bermonitor dan tidak ada monitornya. Belum pernah ya lihat mesin cuci yang seperti ini. Mungkin mbak yang ini pernah kenal dan ketemu di Jerman.

mesin fresenius

Menurut saya, mesin cuci ini meruopakan mesin tercanggih yang pernah saya temui. Sensornya begitiu bagus, mudah pengoperasiannya, juga hasil cuciannya begitu bersih.

2.Selang AVBL (Arterial Venous Blood Line)

Karena mencuci itu identik dengan cairan, maka dibutuhkan sebuah selang yang menjadi jalan cairan itu.Temanku yang kedua ini berfungsi untuk itu. Mudah memasangkannya pada mesin, steril dan sekali pakai.

Jangan bingung ya… mesin cuci pakaian dimanapun tidak akan ditemui hal ini. Tapi karena ini bukan mesin pencuci pakaian maka selang ini dibutuhkan. Selang ini berfungsi sebagai jalan keluar darah menuju mesin, dan jalan masuknya darah dari mesin ke tubuh pasien.

3. Tabung Dializer

bagus ya tabungnya

Di sinilah inti dari pekerjaan cuci darah. Ketika darah pasien melewati tabung ini, maka akan terjadi pencucian. Istilah medisnya ultrafiltrasi. Racun-racun dalam darah akan tercuci di sini, air kencing juga dikeluarkan di sini, tapi sayangnya, tabung ini juga mengeluarkan zat-zat yang penting dan diperlukan tubuh, seperti gula, vitamin, dan kalsium. Makanya selama proses cuci darah, saya akan memasukkan obat-obat tertentu sebagai pengganti zat-zat yang sebetulnya berguna bagi tubuh tapi ikut terbuang. Tabung ini bisa juga disebut dengan nama ginjal buatan. Yah… namanya juga buatan manusia, pasti tidak sehebat buatan Sang Maha Pencipta.

Tabung dialiser bisa dipakai lebih dari satu kali. Ini merupakan tempat penyimpanan tabung yang sudah pernah dipakai… lihat ada label namanya…

4. Jarum fistula.

Jangan takut ya… paling cuma kaya’ digigit semut sekeranjang. Biasanya itu ucapan saya bila ada yang takut dengan jarum ini. Jarum fistula ada 2 macam, jarum arteri yang ada warna merahnya dan jarum vena yang ada warna birunya. Jarum inilah yang menjadikan pintu keluar darah dan pintu masuk lagi. Dibutuhkan ketrampilan khusus untuk menusukkan jarum ini pada tempatnya.

jarum fistula beraksi

5. Cairan dialisat.

Biasanya saya pakai bicarbonat. Bicarbonat akan bercampur dengan air RO, untuk selanjutnya dialirkan menuju tabung dialiser, kemudian akan bertemu dengan darah, sehingga terjadi proses ultrafiltrasi. Cairan ini bisa dikatakan sebagai sabun dalam proses cuci darah.

6. Instalasi air RO (Reverse Osmosis)

Namanya juga cuci darah, maka dibutuhkan air sebagai pencucinya. Bukan air sumur, atau air tanah, tapi air RO (Reverse Osmosis). Air ini layaknya air hujan yang masih murni, tidak ada kandungan apa-apanya kecuali ya air itu saja. Benar-benar tawar.Tapi saya kurang ahli dalam hal ini. untuk lebih jelasnya bisa klik di sini

Di ruang ini berisik sekali, suara pompanya keras banget…

Lengkap sudah perkenalan tentang teman-temanku. Selanjutnya, bila mereka tergabung maka akan terjadi seperti gambar di bawah ini…. cling….

beginilah bila temansku bekerja

Siipppkan… Semoga perkenalan ini bermanfaat.

45 thoughts on “Temans Terbaikku Dalam Bekerja

  1. membaca postingan ini sempurna mengembalikan ingatan saya pada almarhumah istri yang menolak menjalani cuci darah hingga akhirnya Allah memanggilnya di sore tanggal 10 bulan 10 tahun 2010 yang lalu. Gagal ginjal stadium terminal menjadi jalan kembalinya orang yang sangat kami sayangi kepada Yang Maha Menyayangi.

    Suka

    • Iya mas… saya dulu suka berkunjung ke blog Wp mas Abi yang isi postingannya tentang suami istri itu, jadi saya sedikit tahu juga tentang kehidupan mas Abi. Terimakasih sudah berkunjung ke sini mas…

      Suka

  2. mas, profesinya dokter?
    haduh serem saya klo lihat alat cuci darah… jadi inget k drama golden time🙂
    terimakasih atas perkenalannya, saya jadi lebih tau nama2 alat cuci darah🙂

    Suka

  3. Kok hampir sama ya dengan melakukan konservasi (pelestarian) bahan pustaka di perpustakaan. Yang digunakan Barium Bikarbonat dan magnesium hidroksida, air RO nya juga dengan mesin buatan Jerman. Prinsipnya mengurangi atau menghilangkan sifat asam pada kertas.

    Suka

  4. saya kenapa yah klo lihat darah itu bikin ngilu bang…..
    artikel yg abang bikin, sedikit lega saya krna tercerahkan. Eh pas liat gambarnya jarum fistula, jadi ngilu lagi😦
    nice post..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s