Kris Biantoro, Kisah Pendekar Ginjal Soak yang Menjadi Motivator

Siapa yang tak kenal Kris Biantoro, MC kondang jaman dulu, seringkali muncul di televisi ketika era TVRI masih menjadi satu-satunya stasiun televisi yang ada di Indonesia. Mungkin bagi yang lahir tahun 90-an sampai sekarang sudah tidak mengenal beliau secara banyak, karena memang sudah beda generasi. Tapi, bagi yang lahir tahun 90-an ke bawah, yang saat itu suka nonton TV pasti akan tahu. Lebih ke bawah lagi, yang lahir tahun 70-akan lebih tahu lagi, karena di tahun itulah Kris Biantoro mencapai puncak karir.

Lalu… apa kabar Pak Kris sekarang ini. Hari Ahad tanggal 17 Nopember 2012 kemarin beliau menghadiri acara outing IKCC di Tawang Mangu Karang Anyar Jawa Tengah. IKCC (Indonesia Kidney Care Club atau Perkumpulan Sayang Ginjal Indonesia ) merupakan organisasi yang peduli terhadap penyakit ginjal, baik pasien maupun keluarganya. IKCC didirikan pada tanggal 5 Mei 2004. Banyak sekali penderita gagal ginjal yang menjadi anggota IKCC ini. Di sinilah mereka saling berbagi pengalaman, share yang bermanfaat, memberi semangat antara satu dengan yang lain dan akan mendapatkan ilmu pengetahuan gratis tentang penyakit mereka. Lalu, Pak Kris diundang sebagai apa… pasien… keluarga pasien… penyanyi… mc… atau yang lain?

Ternyata… Kris Biantoropun seorang penderita gagal ginjal, menjalani cuci darah 3x seminggu di RS Cikini. Selama 38 tahun beliau berjuang melawan batu ginjal yang dideritanya, hingga akhirnya cuci darah menjadi satu-satunya alternatif untuk mempertahankan hidupnya. Awal-awal divonis cuci darah membuat beliau patah semangat, putus asa, tapi itu tidak berlangsung lama. Beliau tetap semangat menghadapi hidup, optimis dan tetap menatap lurus ke depan. Sakit tidak menghalangi beliau untuk terus berkarya. Ketika jadwal cuci, beliau disiplin menjalaninya, sedang di luar jadwal cuci beliau tetap menjalani hidup dengan baik.

Di acara outing IKCC kemarin, Selain sebagai penderita gagal ginjal, beliau sekaligus menjadi motivator bagi penderita yang lain. Suntikan motivasinya diharapkan mampu membuat penderita yang lain lebih bersemangat lagi menghadapi hidup. Selain berpidato di depan panggung, beliau juga bernyanyi, menyanyikan lagu-lagu tempo doeloe.

Mengenai kisah perjalanan beliau berjuang dengan sakitnya ini telah beliau tulis dalam sebuah buku berjudul “KRIS BIANTORO BELUM SELESAI”. Buku setebal 146 halaman ini berisi kisah beliau, ditambah nasehat tentang sakit ginjal berdasar pengalamannya. Seperti di halaman 55 beliau memberi saran agar berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen yang dijual bebas, karena hal itu bisa membuat sakit ginjal tambah parah.

Buku di tanganku

Buku ini sangat cocok untuk dijadikan koleksi pribadi, baik yang sakit ginjal ataupun orang yang sehat sekalipun. Orang sehat kadang butuh juga motivator dari orang yang sakit, karena orang sakit dengan keterbatasannya kadang masih bisa berkarya layaknya orang sehat.

Sayang sekali buku ini tidak  diperjualbelikan di toko. Buku ini dijual ke perusahaan-perusahaan untuk charity anak-anak dengan dialisis. Jika berminat, bisa mendapatkan lewat IKCC.

Semoga tulisan ini bermanfaat…

39 thoughts on “Kris Biantoro, Kisah Pendekar Ginjal Soak yang Menjadi Motivator

  1. terima kasih infonya mas… akan saya infokan lanjut kepada kerabat yg membutuhkan, mungkin bisa membantu meningkatkan motivasinya utk terus semangat memerangi ginjal…

    Suka

  2. Alhamdulillah Om Kris masih hidup walau harus berjuang dengan cuci darah seminggu tiga kali. Yang bikin putus asa ttg gagal ginjal ini, biaya cuci darahnya kan mahal ya Mbak? Duh semoga kita dihindarkan dari penyakit2 yg butuh banyak biaya ini ya..

    Suka

  3. puspita wasita berkata:

    Suplemen apa ya namanya yang kita harus hati2 bila kita penderita GGK , karena jaman sekarang obat atau siplemen sdh bisa bebas dibeli di toko2 obat.

    Suka

  4. Seperti di halaman 55 beliau memberi saran agar berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen yang dijual bebas, karena hal itu bisa membuat sakit ginjal tambah parah.

    wah, berarti mulai sekarang harus hati-hati minum suplemen atau multivitamin yg dijual bebas itu ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s