Pesona Sunrise dan Seruling Samudra Pantai Klayar Pacitan

Zizzahaz1733

Melihat sunrise di atas pantai Klayar? Apa mungkin ya…? Pantai Klayar kan pantai selatan… apa mataharinya terbit dari selatan? Tidak juga tuh… matahari di pantai Klayar tetap terbit di sebelah timur, sama dengan tempat-tempat lain.

Tanggal 26 Desember 2012 kemarin saya mencoba peruntungan melihat sunrise di pantai Klayar. Sebelumnya saya tidak pernah melihat fenomena ini, hanya saja analisa saya mengatakan saya bisa melihatnya, asal cuaca bersahabat, karena pada bulan Desember curah hujan di sana baru tinggi-tingginya. Pantai Klayar diapit oleh karang yang menjorok sangat jauh ke laut, sehingga memungkinkan saya untuk melihat sunrise dari sana. Matahari akan terbit dari sisi timur pantai dan akan melintas di atasnya. Pada bulan Desember, matahari melintas di sebelah selatan katulistiwa, sedangkan pantai Klayar berada di sebelah selatan katulistiwa… jadi sangat mungkin terjadi sunrise di atas pantai Klayar.

Berbekal analisa ini saya berangkat dari rumah orang tua saya di desa Kendal Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan sehabis shalat subuh. Punung berada pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan air laut, sedangkan tujuan saya berada di 0 meter di atas permukaan air laut dengan jarak tempuh 15 km. Ini berarti saya akan melakukan petualangan turun gunung.

Saya berangkat ditemani Hasan, anak saya yang nomer 3. Saya beharap pagi ini cuaca terang walaupun semalam hujan turun deras di Punung. Saya berharap air hujan sudah habis tadi malam. Saya tetap optimis. Laju Jupiter Z yang kunaiki melaju kencang melewati trek basah, sambil sesekali melewati tikungan tajam. Kalo dah gini saya jadi mirip Jorge Lorenso Komeng… sampai sobek semua nih baju.

Berjalan menggunakan motor di pagi yang masih gelap menuju Pantai Klayar harus extra hati-hati. Musim hujan bulan Desember menambah kesulitannya. Masih seperti tulisanku yang dulu, jalan ke pantai Klayar masih sempit, banyak tikungan tajam, naik turun dengan ekstrim. Ditambah lagi hujan yang sering turun membuat jalanan jadi basah dan licin. Belum lagi bila melewati hujan jati, bulan Desember merupakan musim ulat jati menjatuhkan diri dari pohon jati untuk menjadi kepompong. Saya harus menerobos barisan ulat-ulat yang bergelantungan, tidak mengapalah… ulat kan paling cuma bisa kluget-kluget, tidak menakutkan koq…

Zizzahaz1713 - Copy

kedatangan saya disambut mendung yang menutupi sisi timur pantai… tapi malah membuat jadi indah

Jam 05.20 tepat saya sudah sampai di pantai Klayar, langsung saya menuju karang sebelah barat menuju gardu pandang. Analisa saya tepat rupanya… di sisi timur pantai saya lihat kemerahan pertanda sang mentari akan muncul. Tapi sayang… awan mendung menutupi sisi sebelah timur. Tapi walau tidak sempurna, saya masih bisa mendapatkan sunrise di pantai Klayar. Foto-fotonya di bawah ini, tapi maaf karena saya hanya menggunakan kamera hp nokia 2700 classic maka hasilnya tak seindah aslinya…

sunrise 1, matahari masih terutup mendung

sunrise 1, matahari masih tertutup mendung

 

sunrise 2, matahari mulai muncul, sayang sudah agak tinggi

sunrise 2, matahari mulai muncul, sayang sudah agak tinggi

sunrise 2

sunrise 3, Hasan ikut nampang

sunrise 3

sunrise 4

sunrise 4

sunrise 5, dari sebelah utara pantai, matahari bersinar di sisi kiri saya (pojok gambar)

 

SERULING SAMUDRA

Hari ini saya benar-benar beruntung. Selain saya mendapatkan sunrise di atas pantai Klayar, saya juga bisa mendekati seruling samudra sampai sedekat-dekatnya. Ini peristiwa pertama sepanjang hidupku. Padahal saya sudah sering lho ke pantai Klayar.

Seruling Samudra berada di balik karang sebelah timur. Lokasinya berhadapan langsung dengan laut lepas, sehingga sangat berbahaya bila ada ombak besar yang datang. Tapi hari ini saya sangat beruntung karena ombaknya tidak begitu ganas.

di sebalik karang itulah seruling samudra bersembunyi

di sebalik karang itulah seruling samudra bersembunyi

Seruling samudra sesaat sebelum menyemburkan air... ada suara berdesis...

Seruling samudra sesaat sebelum menyemburkan air… ada suara berdesis…

Srrooootttt.... airpun muncrat tinggi sekali... asiiin...

Srrooootttt…. airpun muncrat tinggi sekali… asiiin…

Seruling samudra merupakan celah kecil di karang, sempit dan terhubung dengan laut di sisi karang yang lain, sehingga bila ada ombak yang datang walaupun kecil maka udara yang ada di dalam celah akan keluar dan mengeluarkan suara siulan yang nyaring, trus disusul muncratnya air laut ke atas. Asiiin… air yang muncrat pecah menjadi partikel yang kecil-kecil menerpa wajah. WOOOW, pemandangan yang luar biasa, namun saya tak mau berlama-lama di sini karena saya mengajak Hasan yang merengek-rengek pingin renang… yah… anak kecil itu tahunya di pantai itu ya renang… keceh sepuasnya… Ya sudahlah… yang tua  harrus mengalah…

Waktu selanjutnya adalah milik hasan… si bolang dari pantai Klayar…

di muara mini sungai

di muara mini sungai

sungai kecil yang tak kalah indah

sungai kecil yang tak kalah indah

Bagi yang tertarik untuk melihat fenomena ini bisa datang hanya di bulan Desember Januari, itupun sambil berharap cuaca tidak mendung. Pengunjung yang jauh bisa datang sore hari sebelumnya, saya sarankan untuk menginap di rumah penduduk sekitar, asal data Anda lengkap, penduduk sekitar mau menerima tumpangan untuk sekedar tidur malam. Mereka juga sangat ramah terhadap pendatang.

Selamat tinggal Pantai Klayar, Insyya Allah akan bertemu lagi

Selamat tinggal Pantai Klayar, Insya Allah akan bertemu lagi

 

 

49 thoughts on “Pesona Sunrise dan Seruling Samudra Pantai Klayar Pacitan

  1. Waaaah seru sekali pantai-pantai itu Mas….
    apa lagi yang ada seruling samudra itu… penasaran… hehehhehe

    pantainya beersih ya, dan tidak rame… jadi bebas mau lari-larian di pantai… #mopeng dech… hehehehhe

    Suka

  2. Termasuk daerah wisata kah Pak? Masuk abupaten Pacitan? Tiket masuk dll. Atau masih wisata alami? Bolh minta lokasi di google mapsnya?
    Aku belum pernah kesana…….

    Suka

  3. grandners berkata:

    mau minta tolong informasi cuaca di pacitan akhir akhir ini apa masih sering hujan dan angin kencang? mohon bantuannya,karena pada tanggal 27 januari 2013 saya akan ke pantai klayar dan srau.balasan informasinya saya tunggu,terimakasih.

    Suka

    • Iya… bulan januari biasanya di pacitan baru deras-derasnya hujan, tapi sekarang masalah hujan sulit diprediksi. Untuk daerah pantai hujjan tidak seperti di perbukitannya, biasanya di perbukitan hujan tapi di pantai belum tentu ada hujan.

      Suka

      • grandners berkata:

        terimakasih balasan infonya🙂 sangat berguna utk bekal kesini tgl 27 besok,oya.. klo dari donorojo ke pantai klayar lewat jalan apa aja?

        Suka

        • Kalo dari donorojo saya kurang hapal nama tempatnya, yang jelas dari pasar belah ke selatan lewat sekar… Tanya aja penduduk sekitar mereka rata-rata tahu, kalau tidak tahu ttanya aja arah desa sendang kalak, karena dua desa itu lebih terkenal daripada klayar.

          Suka

  4. Pantainya masih bersih dan jernih ya sepertinya pas dilihat dari foto, dan pengunjungnya pun masih bisa dibilang sedikit, kalau pas sendirian atau bareng keluarga kesitu jadi serasa pantai pribadi🙂

    Suka

      • grandners berkata:

        sip🙂 infonya sangat membantu utk mengetahui sekitar pacitan🙂 klo gitu saya kesini pertengahan tahun aja😀 cuaca biar kondusif dulu,terimakasih🙂

        Suka

  5. Wah saya jadi kangen ingin mengunjungi pantai klayar, tapi lumayan jauh juga jaraknya dari Boyolali😀. Beberapa spot pantai ini cukup berbahaya, tapi itulah pesonanya🙂

    Suka

  6. Sunrise dan seruling samudra, wow keberuntungan dobel. Dan…salut sekali berhasil mendekati seruling di balik karang spinx, minggu lalu kami menikmatinya dari puncak bukit sisi Timur. Semoga warisan geologi ini lestari.
    Salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s