UGD Ban 24 Jam

Zizzahaz1811Waduh… bocor…”Sepeda motor yang harusnya dipakai istriku berangkat kerja di pagi hari itu tak bisa melaju karena ban belakangnya bocor. Padahal saat itu jarum jam sudah mendekati angka 7. Terpaksa deh istriku ke tempat kerja memakai sepeda onthelnya Zidni anak pertamaku, karena sepeda motor yang satunya lagi saya pakai untuk mengantar Hasan sekolah.

Mencari tambal ban ketika jam 7 pagi bukan perkara mudah. pada jam itu orang-orang baru sibuk-sibuknya di jalanan. Yang punya usaha tambal ban belum memulai aktifitasnya, biasanyya mereka akan buka jam delapanan. Tapi hal itu tidak berlaku unttuk daerah pasar Kleco dan sekitarnya. Pasar Kleco terletak di kota Solo sebelah barat, tepat di batas kota. Di sana ada usaha tambal ban 24 jam, 7 hari seminggu non stop. Tanggal merah tetap buka. UGD ban “Didi Sprinter Ban” , begitulah namanya.

Pagi itu akhirnya saya arahkan sepeda motor istri saya ke Didi Sprinter Ban. Sebetulnya saya malas membawanya ke sana. Bukan karena tambal ban ini kwalitasnya jelek dan kerjanya lambat… bukan itu. Tambal ban ini sangat bagus, pelayanannya bagus, petugasnya ramah, kerjanya cepat… pokoknya jos gandos top markotop. Yang bikin saya malas antrinya itu lho…  banyak banget.

antrian saya nomer 8

antrian saya nomer 8, sepeda istri yang AD 3006 MM… nomor cantik…

Betul kan… saya datang sudah banyak banget sepeda motor yang antri. saya dapat urutan nomer 8. Duh… bisa jamuran nih kaki. Harus sabar menunggu nih… mereka yang datang duluan yang harus dilayani dulu. Untuk mengisi waktu, saya iseng jeprat-jepret kamera hp, siapa tahu asa ide untuk bahan postingan di blog saya.

bedah ban

bedah ban

Saya perhatikan tukang tambal ban ini masih muda, jauh lebih muda dari saya. Ketika saya seumuran dia agaknya saya malu untuk sekedar menjadi penambal ban. Tapi anak muda ini beda… dia tampak menikmati pekerjaannya. Meskipun dulu saya malu, tapi sekarang malah senang melihat anak muda yang seperti ini. Meskipun tidak punya pekerjaan tetap tapi dia tetap bekerja, dan menjadi penambal ban bukanlah hal yang memalukan. Ketika seseorang menekuni pekerjaan yang ia sukai maka, yakinlah Allah subhanahu wa ta’ala akan membukakan pintu rizkinya. Saya yakin dengan jumlah sepeda motor yang relatif stabil banyak untuk ditambal, anak muda ini akan mendapatkan rupiah yang lumayan banyak, bahkan mungkin bisa lebih banyak daripada menjadi pegawai setara dengan pendidikan yang ia enyam.

Ketika anak muda seumuran dia lebih memilih thongkrongan di pinggir jalan, atau mengamen di bus AKAP, anak muda ini malah sudah kreatif menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri. Terus terang saya menganggap pengamen itu sebetulnya adalah pengemis, hanya cara memintanya berbeda degan pengemis yang tanpa alat musik. Sangat disayangkan bila anak muda yang masih kuat fisiknya pekerjaannya hanya mengamen atau meminta-minta.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
لأَنْ يَأْخُذَ أَحَدُكُمْ أَحْبُلَهُ ثُمَّ يَأْتِيَ الْجَبَلَ فَيَأْتِيَ بِحُزْمَةٍ مِنْ حَطَبٍ عَلَى ظَهْرِهِ، فَيَبِيعَهَا، فَيَسْتَغْنِيَ بِثَمَنِهَا، خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ النَّاسَ، أَعْطَوْهُ أَوْ مَنَعُوهُ
“Seorang di antara kalian mengambil tali lalu pergi ke gunung dan datang dengan seikat kayu di punggungnya, lalu ia menjualnya sehingga hasil penjualannya itu dapat memenuhi kebutuhannya; lebih baik baginya daripada meminta-minta manusia, baik mereka memberinya atau menolaknya
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2075, Ahmad 1/164 & 167, Ibnu Maajah no. 1836, Abu Ya’laa no. 675, dan yang lainnya].

عن ر فعةبن رافع ان النبي صلى اللّٰه عليه و سلم وسٔل أي الكسب اطيب قال عمل الر جل بيده و كل بيع مبرور

“Rifa’ah bin Rafi’ menyatakan bahwa Rosulullah saw. pernah ditanya tentang pekerjaan yang paling baik. Rosul menjawab pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan tenaga atau dengan tangan sendiri (memproduksi sesuatu) dan jual beli yang mabrur (bersih dari tipu daya).”
(HR. Al-Bazzar dan dinilai shahih oleh Al-Hakim)

“Jadikan helaan nafas, ayunan kaki, cucuran keringatmu bermanfaat bagi orang lain”. Kalimat ini berhasil saya abadikan di kamera ponsel saya, semoga motto hidup ini benar-benar menjiwai pemuda penambal ban itu.

nih dia mottonya

nih dia mottonya

Bagi yang tinggal di Solo barat sekitar pasar Kleco, Karang asem, Pabelan, Sidomulyo, Goniloan, tambal ban ini bisa menjadi alternatif pilihan. Atau bila ada orang non Solo yang malam-malam kebingungan karena ban motornya bocor, dan kebetulan berada dekat dengan wilayah ini bisa menuju ke tempat tambal ban ini. Ancer-ancernya… pertigaan bangjo pasar kleco ke selatan 25 meter, samping SMK Batik. Semoga ini bisa membantu.

ada nomer tilpunnya

ada nomer tilpunnya

Bekerja adalah satu bentuk ibadah kepada Allah asal diniatkan hanya untuk mengharap ridha-Nya. Niatkan pekerjaanmu hanya pada yang Satu… yaitu Allah subhanahu wa ta’ala, niscaya pekerjaanmu akan bernilai ibadah dan akan diberkati-Nya.

Allah Ta’ala berfirman :

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”

[At-Taubah : 105].

Semoga tulisan ini bermanfaat.

28 thoughts on “UGD Ban 24 Jam

  1. Wah sempet ngalamin nih, Kesiangan + macet + ban bocor |

    Selang beberapa hari langsung saja ganti ban Tubless🙂 | kapok kejadian macam ini lagi.

    #wah saya simpulkan harus nya saya panggil “Mas” bukan mba eheheh.

    Suka

  2. “Jadikan setiap helaan nafas, ayunan kaki, cucuran keringatmu bermanfaat bagi orang lain”. Subhanallah! Motto hidup yang sangat bagus. Semoga kita bisa menerjemahkannya di keseharian kita. Amin.

    Suka

  3. wah, dapat referensi tambal ban motor non stop nich. he..he.. makasih pak. pemilik tambal bannya pasti senang sekali karena ada yang mempromosikan bengkelnya secara gratis. he..he..

    Suka

  4. Saya suka motto di kaos itu…. smg usahanya lancar sll si penambal Ban ini shg bsa loker bagi yang lain… atau mudah2an yang lain bisa ikut termotivasi… Aamiin🙂

    Suka

  5. Ban belakang motorku ga tahu kenapa sering sekali eror.
    Pernah suatu ketika ban belakang kempes, itu saya cari bengkel sampai keliling Jayapura ga ketemu-temu. Baru sadar saya kemudian kalau hari itu hari Minggu, hari dimana sebagian besar wirausahawan di Jayapura tutup toko untuk istirahat ,dan bukanya pas sore hari, bahkan pemilik bengkel sekalipun. heuh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s