Hati–Hati… Ada Bahan Kimia Obat dalam Jamu Kemasan

jamuAnda pecinta dan peminum jamu kemasan? Kalau memang iya… ada kabar tak sedap yang akan anda terima. Ternyata sampai sa’at ini masih banyak jamu kemasan yang masih mencampurkan obat-obatan kimia ke dalam kemasan jamu. Ini sebetulnya warning yang sudah lama , tetapi selalu saja peredaran jamu dengan zat kimia selalu ada dengan nama yang lain. Ini menjadi bukti bahwa para pembuat jamu yang katanya menggunakan zat alami (semacam herbal) tidak percaya diri dengan kasiat jamu itu sendiri, sehingga merasa perlu menambahkan zat kimia yang mempunyai efek lebih cepat.

Sulit memang untuk mengetahui jamu yang diminum mengandung zat kimia atau tidak. Namun sebenarnya kita bisa mengetahui dari efek yang ditimbulkan jamu kemasan itu sendiri. Misalkan sebuah jamu kemasan menawarkan bisa mengatasi asam urat, secara teori jamu akan memberikan efek yang tidak seketika sesaat sesudah dimium. Asam urat secara awwam diyakini dari gejala nyeri sendi, meskipun sebetulnya setiap nyeri sendi belum tentu asam urat. Ketika seseorang minum jamu asam urat, sesaat sesudahnya akan mendapatkan efek nyaman di sendinya, Anda wajib curiga adanya zat kimia yang dicampurkan pada jamu kemasan tersebut. Efek zat kimia akan terasa lebih cepat daripada jamu yang sesungguhnya.Atau sesaat anda minum jamu kemasan ini malah timbul berdebar-debar atau efek samping yang lain semacam nyeri lambung, bisa jadi ada obat analgetik atau penghilang rasa nyeri yang dicampurkan. Jamu kuat khusus lelaki dan jamu pelangsing juga seringkali diberi campuran zat kimia.

Akhir-akhir ini baru ramai-ramainya berita tentang peredaran narkoba yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Sebetulnya peredaran jamu zat kimia ini juga tak kalah berbahayanya. Bila dikonsumsi lama bisa menimbulkan sakit liver, gagal ginjal, tukak lambung sampai muntah darah, juga pecahnya pembuluh darah di otak. karena sebetulnya penggunaan obat kimia harus atas pengawasan dokter dan tidak boleh digunakan untuk jangka panjang.

Seperti dikatakan di detikHealth, Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) dengan Marius Widjajarta sebagai ketuanya melakukan survei lapangan di 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Mereka melakukan survei  produk yang sudah di-public warning oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 2001-2012, ternyata masih banyak beredar jamu yang berbahaya.

Dikatakan dia, bahan kimia yang terkandung di jamu berbahaya itu misalnya yang termasuk golongan analgetik dengan resep dokter. YPKKI juga menemukan obat pelangsing yang sudah ditarik BPOM pada 18 Oktober 2010, dan kandungannya dicampur ke dalam jamu.

Menurut Marius, pihaknya juga menemukan obat-obatan dari China yang beredar di pasar Indonesia namun di negara asalnya justru tidak ditemukan. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan YPKKI.

Dia menambahkan jamu adalah ramuan obat tradisional warisan leluhur. Seharusnya keasliannya yang memanfatkan ramuan alami tetap dipertahankan, dan tidak malah dicampuri bahan kimia. Apalagi jika bahan kimianya tidak boleh bebas digunakan.

Berikut ini merek jamu dengan kandungan bahan kimia obat (BKO) yang telah diberi public warning oleh BPOM tetapi masih banyak beredar, seperti disampaikan YPKKI:

1. Pay Na Ran (2001)
2. Thui Fong Tou Ku Wan
3. Snake Itch Removing
4. Antanan
5. Jaya Asli Anrat
6. Chikung Makassar
7. Obat Pegal Linu
8. Pegal Linu Guna Sehat
9. Obat Mujarab
10. Fong Se Wan
11. Chuifong Toukuwan
12. Ramuan Shin She
13. Wantong (kapsul)
14 Putri Sakti (2009)
15. Jaya Asli Anrat
16. Asam Urat Flu Tulang
17. Buah Naga Asam Urat dan Nyeri Tulang
18. Gemuk Sehat PJS
19. Gemuk Sehat SP
20. Kembang Wijaya
21. Sarang Semut
22. Buah Merah
23. Godong Ijo
24. Brastomolo
25. Chang San
26. Buah Naga
27. Montalin
28. Remasyah
29. Akar Dewa Jamu Encok
30. Akar Dewa Gemuk Sehat
31. Akar Dewa Pegal Linu Asam Urat
32. New Anrat
33. Arma Sin Gang
34. Sela
35. Sulami
36. Lasmi
37. Sera
38. Acai Berry
39. Seki/New Seki
40. Spider
41. Urat Madu
42. Tanduk Rusa
43. Okura
44. Lak Gao
45. Cobra X
46. Kammasutra (2008)
47. Tang Pe Fu
48. Yunang
49. Torpedo
50. Spider
51. Men Li
52. Pay Na Ran (2003)
53. Wang Tong (serbuk)
54. Akar Dewa Jamu Encok
55. Putri Sakti (2011)
56. Kammasutera (2010)

Semoga tulisan ini bermanfaat

29 thoughts on “Hati–Hati… Ada Bahan Kimia Obat dalam Jamu Kemasan

  1. Maaf, saya seorang guru kimia, walau bukan bidang saya secara langsung namun saya ingin sedikit berkomentar.

    Gula –> C6H12O6, ini ZAT KIMIA tp tidak bahaya
    Garam –> NaCl, ini juga ZAT KIMIA, berbahaya tidak?
    Air –> zat kimia
    Teh –> zat kimia
    Kopi –> zat kimia

    Semua bahan-bahan yang kita konsumsi sebenarnya adalah ZAT KIMIA. Nah, yang membedakan adalah ZAT KIMIA itu BERBAHAYA atau TIDAK.

    Kalau dalam tulisan di atas yang dimaksud adalah ZAT KIMIA BERBAHAYA, ya harusnya ditulis berbahaya, jangan cuma ZAT KIMIA saja. Karena tidak semua zat kimia itu berbahaya.

    Yaa itulah salah kaprahnya orang umum dalam menyebut bahan2 kimia.

    Suka

    • Terimakat kasih masukannya… saya yang awwam ini telah mendapatkan masukan dari pakarnya langsung. Sebetulunya zat kimia obat yang dicampurkan pada jamu insya Allah tidak akan berbahaya bila takarannya sesuai ilmu farmakologi dan penggunaannya sesuai pengawasan dokter. Masalahnya menjadi bahaya ketika dikonsumsi terus menerus dan tanpa petunjuk dokter. Ibuprofen merupakan salah satu obat yang dicampurkan pada jamu. Dokter sering menggunakan ini untuk anti nyeri, namun obat ini memiliki efek samping menimbulkan nyeri ulu hati karena melukai mukosa lambung sehingga dokter tidak akan memberikannya pada pederita yang ada riwayat sakit lambung. Kalau itu dicampurkan pada jamu maka itu akan menjadi bahaya karena tidak ada pengawasannya. Begitu juga dengan Gula AIR TEH dan Garam, akan berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan. Gula akan menimbulkan prodoksi insulin meningkat sehingga menimbulkan resiko diabet, Air yang terlalu banyak bisa menumpuk di paru sehingga menimbulkan oedema paru, garam yang terlalu banyak bisa meningkatkan resiko hypertensi. Semuanya mempunyai resiko BERBAHAYA… sekali lagi terima kasih masukannya… akan saya ganti judulnya dengan judul yang tepat… biar ga bikin geregetan di twitter

      Suka

  2. dulu saya juga jualan jamu tahun sembilan puluhan, memaang agak beda lah rasanya setelah minum jamu itu tapi akhirnya saya tinggalkan juga, sampai sekarang jarang minum jamu. malahan lebih banyak gerak dan makan nya selain juga istirahat yang cukup untuk menjaga stamina tubuh,

    Suka

  3. jaman sekarang sulit yang menemukan yang benar-benar aman ya,

    alhamdulillah, satu merekpun pun tak ada ya kami konsumsi,,
    kami lebih suka jintan, madu, propolis,, ya mudahan saja produsinnya tidak mencampuri bahan-bahan yang berbahaya..

    Suka

  4. ow, dlu waktu SMA aku ikut2an ayah minum jamu pegel linu.. alhamdulillah sekarang udah ga lagi..
    memang sih, dulu sempet dilarang sama bude, karena bisa mengendap di dalam tubuh ampasnya ga bisa keluar dan berbahanya..tapi namanya bocah, masih ngeyel kalau dikasih saran…hehe

    Suka

  5. saya sering minum lo han kuo bentuknya kotak, diseduh dengan air & hasilnya seperti teh, beruntung tidak masuk dalam daftar diatas, makasih info nya mbak, penting sekali untuk diketahui

    Suka

  6. Momo berkata:

    wah,, antanan berbahaya? saya pernah minum dan disarankan oleh seorang perawat pada saat pemeriksaan darah, semuanya negatif kecuali asam urat. Apakah bisa di jabarkan bahan kimia berbahaya apa yang terkandung dalam obat atau jamu ini.. makasih..

    Suka

  7. Obat wantong emang langsung terasa khasiatnya dang tenaga langsung strong tp setelh berhenti mengonsumsi rasanya ga karuan ky pecandu narkoba, tdinya q mengonsumsi setiap hari krna faktor kerja, bagi yang belum pernah jangan mencoba dan waspada, oke,,,

    Suka

  8. Andi Soko berkata:

    Kenapa madih dibiarksn beredar kalau memang berbahays. BPOM seharusnya kerjasama dg Polisi utk.melarang jamu atau obat yg berbahaya tsb.

    Suka

  9. nurasia ngendrek berkata:

    ibu mertua saya juga dulunya tergantung sekali dengan jam kemasan sekarang menderita tukak lambung dan bolak-balik masuk RS…semoga neliau diberi kesembuhan oleh Allah….Amiiin…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s