Menuju Pantai Indrayanti

1378006878441_Pantai Indrayanti? Bagus ya namanya… kaya’ nama orang saja. Ya… memang pantai Indrayanti bukan nama yang sebenarnya, pemda Gunung Kidul menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal, sedangkan Indrayanti adalah nama pemilik cafe di pantai itu. Tapi entahlah… karena pandainya orang mempopulerkan nama, maka nama Indrayantilah yang lebih banyak disebut.

Penasaran… ya… ketika pertama kali saya mendengar nama pantai yang terletak di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta ini, buru-buru saya browsing untuk tahu lebih jauh. Wah… sebuah pantai yang sangat indah, bayangan saya menuju kepada suasana yang lengang, hanya ada deburan ombak. Terlihat gambar–gambar suasana pantai yang terlihat masih perawan usia 17 tahun. Indah belum dipoles.

Tanggal 1 September kemarin rumah sakit saya mengadakan acara family gathering ke pantai Indrayanti dan pantai Baron, kebetulan nih… pas lagi mupeng malah ada gratisan. Berangkat dari Solo jam 7 pagi, sampai di Indrayanti jam 10an. Wuih…. penguunjungnya banyak sekali… tidak seperti yang kubayangkan.

Turun dari bus saya langsung disambut panasnya kemarau gunung kidul. “Ni pantai koq panas banget sih…”. Kecewa… ya… ada rasa kecewa dalam benak saya, karena ternyata suasana pantai tidak seindah yang ada di internet. Pantai ini sudah dipoles sedemikian rupa, hamparan pasir putih yang membentang sudah ditanami payung-payung dengan alas tikar seharga 20 ribu sekali duduk. Pengunjung yang melimpah ruah memadati tiap sudut pantai yang ternyata begitu sempit ini. Tak ada yang berenang karena dasar pantai adalah batu karang yang berlobang-lobang.

pengunjung yang memadati bibir pantai... tak ada yang berenang

pengunjung yang memadati bibir pantai… tak ada yang berenang

Penilaian orang memang beda-beda, tapi saya menganggap pantai yang indah itu yang seperti ini. Entahlah… saya selalu membandingkan pantai-pantai yang kutemui dengannya. Tapi saya juga menilai pantai Indrayanti cukup bagus dalam pengelolaannya. Karena sudah diambil alih oleh swasta. Pantai Indrayanti terlihat bersih, tak ada sampah-sampah berserakan. Juga sajian wisata kuliner yang lumayan nyaman tersedia di sini. Bagi yang suka kuliner dan hobby belanja pernak-pernik, di pantai Indrayanti inilah tempat yang nyaman.

mencari kerang dan ikan-ikan kecil di lobang karang... saya dapat cumi--cumi, tapi saya lepaskan lagi

mencari kerang dan ikan-ikan kecil di lobang karang… saya dapat cumi–cumi, tapi saya lepaskan lagi

pinggir pantai yang ditanami payung

pinggir pantai yang ditanami payung

sisi timur pantai

sisi timur pantai

sisi barat pantai

sisi barat pantai

pantai dilihat dari atas karang timur

pantai dilihat dari atas karang timur

Trus… Saya tidak merekomendasikan Pantai Indrayanti ini untuk dikunjungi sebagai tujuan utama… Anda harus merencanakan mengunjungi tempat-tempat wisata yang lain di Yogyakarta sebagai penyeimbangnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi informasi sebelum anda mengunjungi pantai Indrayanti.

11 thoughts on “Menuju Pantai Indrayanti

  1. Dan saya merekomendasikan Pantai Kukub untuk Anda kunjungi, Kakaaaaak. Hihihihi

    Saya sudah pernah ke Indrayanti, tapi duluuu bangettts. Meski kecewa, tapi itu banyak sekali pengunjungnya ya, Pak?

    Suka

    • iya… mungkin ini pandainya marketing menawarkan barang. pengunjung yang banyak inilah yang membuat pemandangannya jadi tertutup, tapi pihak pengelola jadi senang karena pendapatan mereka meningkat

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s