Berbuat Jahatpun Butuh Inovasi

“INFO RESMI Selamat.? kpd Yth SimCard Anda Terpilih Sebagai Pemenang HADIAH DOBEL 1000 BERKAH INDOSAT Pin b89c7h9. Info klik www.gebyarindosat-poinplus.weebly.com Entahlah… sudah keberapa kalinya saya menerima sms penipuan ini, mungkin puluhan, atau ratusan, bahkan ribuan. Bagi yang merasa punya hp, saya yakin juga sudah terlalu sering menerimanya.

Sms seperti ini sebetulnya sudah basi untuk dibicarakan. Iya… karena teman yang kita ajak bicara rata-rata akan mengatakan, “Abaikan saja… Rasah digagas… langsung dihapus saja… atau kata-kata semakna yang lain…” Iya… saya juga sering mengabaikan sms-sms yang seperti itu, tapi kadang juga merasa terganggu karena datangnya sms ini seringnya malam-malam pas lagi lelap-lelapnya tidur. Huuh… sebel… apalagi nada smsnya lumayan lama durasinya.

1379303281839_

Kalau saya anggap ini sudah basi untuk dibicarakan, maka saya juga menganggap cara penipuan ini juga sudah basi. Tapi ketika saya iseng baca-baca sms mereka yang belum sempat saya hapus, kalau dicermati ternyata mereka selalu berkembang dalam cara menipunya. Kalau dulu seringkali kita disuruh menghubungi call center tertentu, tapi sekarang mereka mulai merambah dunia internet dengan cara membuat website palsu dengan menggunakan domain-domain gratisan. Kita diarahkan agar meng-klik- website palsu ini.

Ketika saya coba iseng membuka blog tipu-tipu ini ternyata tampilannya begitu menyakinkan. Kalo belum dihapus, lihat saja yang ini, atau ini juga. Bagi yang awwam tentunya akan menjadi yakin karena begitu miripnya blog ini dengan yang aslinya. Padahal kalau dicermati mereka sebetulnya hanya sub domain yang menginduk pada domain blogspot atau yang lainnya.

Saya yakin pelaku penipuan ini adalah orang-orang yang sama, karena meskipun cara menipunya selalu berbeda metodenya, tapi pada dasarnya mereka selalu meminta sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening tertentu sebagai biaya balik nama atau pengiriman hadiah. Dulu mereka meminta sejumlah uang sebagai pajak undian, tapi mungkin karena jumlahnya yang terlalu besar, mereka berganti strategi dengan biaya balik nama, sedangkan pajak undian ditanggung perusahaan. Biasya balik nama menjadi hal yang logis ketika besarnya sesuai dengan biaya balik nama pada umumnya.

Kalau memang dugaan saya benar, bahwa orang yang melakukan penipuan ini adalah orang yang sama, tentunya mereka adalah orang yang sabar dalam menekuni sebuah pekerjaan. Yah… pekerjaan MENIPU. Mereka tak henti-hentinya melakukan inovasi. Mereka juga cukup bersabar, seperti layaknya seorang yang mengail ikan, mereka menyebar ribuan sms ke seluruh pelosok negeri sebagai umpan yang akan mereka nantikan hasilnya. Shofware untuk pengiriman sms dengan sekali klik untuk ratusan nomor bisa dengan mudah mereka dapatkan, begitu juga dengan sms gratis dengan hanya mengirim beberapa sms menjadikan jalan mereka menjadi semakin mudah.

Apakah umpan-umpan mereka ada yang memakan? Ya… entah berapa orang ada yang tertipu, buktinya mereka masih eksis menipu sampai kini. Belum lama ini keluarga dekat saya juga kena umpan ini. Setelah uang ditransfer, mereka berjanji akan segera mengirim mobil langsung saat itu juga dari jakarta, Sudah sampai disitukah mereka menipu? Ternyata tidak saudara-saudara semua. Setelah pengiriman kira-kira sampai Jogjakarta (waktu itu tujuan pengiriman adalah Pacitan ) , mereka bilang ada masalah pada truk pengangkut mobil hadiah, sehingga perlu dikirimi lagi sejumlah uang untuk biaya derek dan bengkel truk pengangkut. Setelah uang ditransfer, mereka masih menghubungi lagi, minta dikirimi pulsa 50 ribu ke nomor tertentu, katanya untuk menghubungi nanti bila mobil sudah hampir sampai, agar tidak menyasar ke tempat lain. Sebegitunya ya orang berbuat jahat, sudah tidak ada rasa takut akan balasan dari perbuatan dosa mereka.

Walaupun cara menipu ini sudah basi, kita tetap harus hati-hati, karena bisa saja mereka sudah menemukan cara menipu versi terbaru yang fiturnya lebih canggih. Ingat kata bang Napi… Waspadalah….

Semoga tulisan ini bermanfaat

14 thoughts on “Berbuat Jahatpun Butuh Inovasi

  1. Barusan saya dapat sms penipuan juga dari telkomsel yg beralamat di blogspot🙂

    Report as Spam atau Fraud aja, biasanya gak lama lagi website-nya langsung di down oleh administrator social media yang nyediain sarana gratis tsb.

    Suka

  2. Dulu pernah saya telp no call centernya, niat iseng saja sdh tau sms penipuan. Nah awal2 saya dimentor hrs bgm utk ambil hadiahya, lalu saya punya kesempatan ngomong “pak klo ini bener dari provider x ko websitenya aneh penulisannya dan knapa pakai website gratisan?” Telp langsung ditutup oleh penipuya danga bisa di telp balik😆 . Sptnya si penipu awam dg internet.

    Suka

  3. hrsnya kepolisian kt buat alat canggih spt dalam film2 hollywood.. sang pelaku dijebak utk menggunakan telephone-nya sementara alat pendeteksi semacam GPS bekerja menunjukkan lokasi si pelakunya saat itu

    Suka

  4. Aku capek menghapus sms2 seperti ini saban kali. Mungkin karena nomorku sudah lama dan terdapat di kartu nama, jadinya tiap hari ada saja menerima pesan calon penipu ini😦

    Suka

  5. Kalo temen saya pernah ditelpon katanya dapet hadiah telkomsel poin, temen saya dengan pedenya bilang kalo dia kerja di telkomsel dan ga ada program itu. Langsung aja teleponnya ditutup sama si penipu itu. Selamat…

    Suka

  6. kalo berbuat jahat saja bisa berinovasi, mestinya ketika mau berbuat baik jangan sampai kalah. Harus lebih bisa berinovasi agar supaya kebaikan itu bisa diterima banyak orang. begitu kan mas ?

    Suka

  7. ya ..ngeselin banget itu SMS -SMS yang tipu-tipu seperti itu. cape nerimanya ya Pak..

    Saya pikir jika penjahatnya juga semakin canggih menggunakan telnologi, aparat kita juga perlu mengasah diri dengan lebih baik lagi agar lebih maju ketimbang penjahatnya..

    Suka

  8. Inovasi untuk update modus kejahatan varian baru. Artikel yang menginspirasi bahwa setiap saat perlu inovasi apalagi untuk kebaikan. Terima kasih atas sharing ini. Salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s