Ashabul Kahfi, Sebuah Kisah Nyata

Ashabul Kehfi (Medium)Tertidur selama 300 tahun… Bayangkan jika kita mengalami hal ini. Ketika terbangun pasti kita akan kebingungan melihat dunia sudah jauh berbeda. Taruhlah kita tertidur di tahun 1700 trus terbangun di tahun 2000, tentu yang ada di benak kita adalah kita baru bermimpi, dan mengharapkan mimpi kita segera berakhir. Lalu orang-orang di sekitar kita tentunya juga tidak akan percaya begitu saja bahwa kita dari generasi 300 tahunan yang lalu. Bisa-bisa kita dicap gila atau penipu.

Kisah Ashabulkahfi adalah kisah nyata tentang 7 orang pemuda dan anjingnya yang ditidurkan Allah di dalam gua Kahfi selama 300 tahun. Kisah ini bukan hanya hisapan jempol semata, makanya Allah sampai mengabadikannya di dalam Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Kuasa untuk selalu menjaga  tubuh mereka dari kematian dalam tidur yang panjang. Secara realita sulit sekali untuk dipercaya, tapi demikianlah bila Allah Subhanahu wa Ta’ala berkehendak.

Ketika masih SD dulu saya sudah sering mendengarkan kisah ashabul kahfi ini dari guru agama SD saya, namun cerita dari guru saya tidak membuat saya kagum, hanya seperti halnya dongeng sebelum tidur. Namun saya begitu terkesan ketika saya melihat kisah ini dalam wujud film. Tahun 2011 kemarin, ketika itu di bulan Ramadhan, saya melihat film ini di TVRI. Tapi karena ceritanya panjang dan sampai 14 episode, saya tidak bisa menontonnya secara lengkap. Baru beberapa bulan yang lalu saya secara tidak sengaja menemukannya di youtube, lengkap 14 episode dengan terjemahan bahasa Indonesia. Langsung saja saya sedot sampai habis.

Alhamdulillah saya sudah bisa merampungkan 14 episode tanpa melewati satu detikpun. Film ini diprodoksi di Negara Iran, Negara dengan jumlah kaum syi’ah terbesar. Namun saya tidak melihat ada unsur syi’ah di film ini, jadi layak banget untuk ditonton. Hebatnya lagi, para artis yang memerankan film ini begitu menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Pemeran wanita tetap berhijab walaupun memerankan penyembah berhala, atau ketika mereka memerankan dalam rumah yang tertutup rapat. Tidak ada adegan gandeng tangan, atau suami membelai istri, apalagi ciuman walaupun mereka sebenarnya memerankan sebagai suami istri. Yang jelas beda banget dengan film-film religi terutama dari Indonesia.

Ada banyak hikmah yang dapat kita ambil setelah menonton film ini. Sejak dulu, berjuang untuk menegakkan kebenaran akan selalu bertemu dengan halangan dan rintangan yang tidak ringan. Hanya sekedar mengatakan “Tiada Tuhan yang layak disembah kecuali Allah” akan berakibat kepada siksaan yang tiada henti, bahkan kematian kadang menjadi hukuman bagi yang nekat mengajarkan ajaran kebenaran ini.

Ketika penganut kebenaran hanya segelintir orang, maka ada pertanyaan di benak mereka,“Kapan Allah akan memberikan kemenangan dan pertolongan kepada mereka”. Yah… kemenangan penegak kebenaran memang tidak diperoleh secara tiba-tiba, tetapi memang melalui proses yang kadang cukup panjang. Bisa 1 tahun, 2 tahun, puluhan, ratusan, atau malah ribuan tahun. Hal inilah yang kadang membuat segelintir orang ragu dengan adanya pertolongan Allah apakah akan segera datang. Namun pemuda Kahfi adalah pemuda-pemuda pilihan yang mereka tidak pernah ragu akan datangnya pertolongan Allah dan kemenangan yang dijanjikan Allah pasti akan datang.

Allah benar-benar mangabulkan doa mereka… mereka menyaksikan bagaimana Allah telah memenangkan kebenaran hanya dalam waktu semalam menurut hitungan mereka yang sebetulnya 300 tahun lamanya. Mereka masih diberi kesempatan untuk menyaksikan semua itu.

Hikmah yang lain adalah , bahwa Allah subhanahu wa ta’ala benar-benar akan membangkitkan kita setelah kematian. Hal ini adalah hal yang sangat mudah bagi Allah untuk menyusun kembali tulang-tulang yang berserakan dari diri kita. Banyak orang yang mengingkari adanya kebangkitan setelah kematian, karena mereka hanya memikirkan berdasar akal saja. Yakinlah Allah akan lebih bisa membangkitkan kita seperti halnya mudahnya menyusun kita dari dulu sebelum kita ada.

Yang penasaran dengan film ini bisa lihat cuplikannya nih….

Sengaja saya tidak menyertakan link downloadnya, karena film ini akan dengan mudah didapatkan di situs Yuotube, asal belum dihapus ya. Kalau sudah dihapus bisa kontak saya. Keyword untuk pencarian adalah “ashabul kahfi full movie indonesia subtitle”, nanti akan muncul 14 episode lengkap. Untuk cara downloadnya saya yakin semua sudah tahu semua, kalau tidak tahu tanya saja saudara tuanya youtube si eyang gugel.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

18 thoughts on “Ashabul Kahfi, Sebuah Kisah Nyata

  1. Jadi pengen ikutan donlot nih…terima kasih infonya Mas🙂 BTW Mas-nya tinggal di Solo ya? Rencananya akhir november saya mo jalan2 ke Solo, inginnya sih bisa silaturahim sambil kopdar.

    Suka

    • Iya… saya pake xl super ngebut, seringnya kedodoran di jam 12 sampai jam 00, maklum kuota jam segitu cuma 1 Gb. Kalo di jam 00 sampe 12 siang ga masalah, 11 Gb sebulanpun ga bakalan habis.

      Suka

  2. Aji berkata:

    Aduh nyesel saya..udah saya donlot semua.cm setiap habis nonton di hp langsung sy hapus,dgn maksud gk bikin berat.soalnya sy kira udah ada copy-an nya di hardisk..eh eh gk taunya belum…donlot lagi mah ini.ckck…btw Siapa ya yg jadi helen…cakep bener.masyaallah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s