Keceh dan Ciblon di Pantai Bandengan Jepara

Pagi itu aku beserta keluarga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai Bandengan di Kabupaten Jepara. Perusahaan tempatku bekerja mempunyai agenda Gathering Keluarga Besar tiap 2 tahun sekali, kali ini tempat tujuannya adalah Pantai Bandengan. Huh… Sebetulnya diriku sudah membayangkan akan berlabuh di sebuah pantai tanpa ombak, pantai utara yang datar-datar saja. Selama ini aku seringkali mengunjungi pantai selatan dengan ombaknya yang ganas, dengan batu karangnya yang kokoh terukir ukiran alami dari benturan alun selama milyaran tahun yang lalu. Mana asyiknya pantai tanpa ombak, mana asyiknya pantai tanpa tempat nongkrong berupa batu-batuan yang menjulang.

Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera yang merupakan obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Sampai di Pantai Bandengan jam 10 an pagi, seperti biasa sebelum ke pantai ada acara keakraban keluarga. Ternyata Pantai ini asyik juga, tempat untuk pertemuan cukup rindang, banyak pohon perdu yang cukup rimbun, juga pohon pandan yang cukup membuat suasana terasa adhem. Pasirnya putih bersih. Seperti halnya di pantai-pantai lain, di pantai ini juga ada persewaan tikar, agar duduk kita bisa lebih nyaman.

suasana cukup nyaman, pohonnya rindang…

Selesai acara keakraban, saatnya acara bebas. Pantai Bandengan mirip sekali dengan wahana air di kota-kota besar. Menurutku pantai ini cukup rekomended untuk dikunjungi, terutama bersama keluarga yang sebagian besarnya adalah anak-anak. Kalau untuk pemandangannya sih kurang begitu bagus, yang istimewa ya untuk keceh dan ciblon . Keceh adalah bermain air dalam bahasa jawa, sedangkan ciblon adalah renang di alam bebas bisa di danau, sungai, sendang, atau pantai. Apalagi pantai ini dilengkapi dengan persewaan perahu kano, banana boat, jet sky, dan pelampung. In sya Allah aman juga, karena pantai ini cukup dangkal, sampai jauh ke tengah sana tetap dangkal. Tapi tetap ada garis aman pantai, dan larangan berenang melebihi garis aman, kalau kita melebihi ini akan mendapat teguran dari para penjaga pantai.

pinggir pantai dilihat dari sisi timur, kalau senja hari ada sunset di sana
cukup dangkal…aman…aman…
sisi pantai dilihat dari barat
ada kano untuk berlima
perahu karet untuk bertiga
nampang dulu ya…
ada banana boat
banana boat ditarik ke tengah dan siap-siap mendapatkan kejutan dengan
diseret sampai terguling
jet sky juga ada
persewaan kapal menuju pulau sepanjang

So… Yang punya rencana wisata, pantai Bandengan sangat-sangat aku rekomendasikan, datang pagi hari untuk ciblon dan keceh di area pantai, dilanjutkan wisata ke pulau sepanjang, diteruskan kembali ke pantai untuk menikmati sunset senja hari . Selanjutnya cari penginapan yang cukup nyaman dan pulang esok harinya. In sya Allah tidak mengecewakan.

15 thoughts on “Keceh dan Ciblon di Pantai Bandengan Jepara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s