Nongkrong Asik di Patung Arjuna Wijaya Simpang Lima Boyolali

Tiap lewat simpang lima Boyolali, ada keinginan untuk berhenti sejenak kemudian menuju taman yang ada patung kuda menarik sebuah kereta kencana yang dinaiki dua orang kesatria, katanya sih dua ksatria itu namanya Arjuna dan Kresna. Akhirnya mimpi itu terwujud juga, bersama keluarga, saya mencoba menikmati sejuknya taman yang rindang karena banyaknya pohon besar yang rimbun tumbuh mengakar dalam dan menjulang tinggi.

Mencari simpang lima Boyolali di google maps agak sulit juga, karena kata kunci yang ditulis tidak dikenal google. Tumben ini google maps koq kudet. Kucoba dengan kata kunci taman siaga boyolali baru “ngeh”, haduh… perlu diapdate nih eyang google.

Patung Arjuna Wijaya termasuk ikon baru kota Boyolali, dikerjakan selama enam bulan dan baru selesai tahun 2016 kemarin. Terbuat dari perunggu dengan penyangga yang sanggup menahan beban seberat dua ton, dengan jumlah patung kuda sebanyak 13 buah. Padahal yang ditarik hanya kereta yang kecil yang dikendarai dua orang saja. Namanya juga seni, yang penting kelihatan indah.

rumputnya bersih

pohonnya rindang

Ikon kuda ini sempat diprotes beberapa orang karena kuda tidak ada hubungannya sama sekali dengan Boyolali. Tak ada peternakan kuda di Boyolali, tak ada kuda liar, kuda balap atau apapun yang berhubungan dengan kuda. Paling hanya kuda penarik dokar saja. Kalau dikaitkan dengan sapi memang Boyolali lebih tepat. Prodoksi susu sapi  Boyolali sudah terkenal dan tersebar luas sampai luar boyolali. Peternakan dan penyembelihan sapi di daerah Ampel juga sudah cukup terkenal. Tapi, semua itu hanya pandangan orang per orang, pembuatan ikon kuda ini memang bukan dihubungkan dengan prodok andalan Boyolali

Yang jelas, kalau ada waktu… bila perjalanan melewati satu ikon ini tidak ada salahnya mampir ke sini. Tempatnya nyaman, ada taman dengan rumput yang bersih dan cocok untuk duduk walau tanpa tikar. Pohon-pohon yang besar dan rimbun cukup menahan teriknya sinar matahari. Tepat di bawah monumen ini ada perpustakaan daerah siaga, disampingnya ada gazebo yang cukup untuk berkumpul enam orang dewasa. Apabila anda membawa kendaraan, jangan khawatir dengan keamanannya, karena ada tempat parkir dengan petugas parkir yang siap menjaga kendaraan anda.

Lihat penampakan patung dari atas, screenshot diambil dari video di youtube.

Selanjutnya ditunggu kedatangannya di BOYOLALI… SMILE OF JAVA…

Iklan

10 thoughts on “Nongkrong Asik di Patung Arjuna Wijaya Simpang Lima Boyolali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s