Ngobrol Bareng Keluarga di Patung Sapi Ndekem Boyolali

Mumpung keluarga utuh saya sedang berkumpul, hari ahad beberapa waktu yang lalu, kami mencari tempat mengobrol yang pas, biar semua nyaman. Maka dipilihlah di sekitar area gedung kantor DPRD Boyolali yang di sana ada sebuah patung ikon kabupaten Boyolali. Patung Sapi Ndekem, sebuah patung ikon tentang Sapi perah yang menghasilkan SUGARLI, Susu Segar Boyolali yang bergizi tinggi. SUGARLI begitu terkenal seantero Surakarta, bila ada penjual susu segar pasti embel-embelnya Boyolali.

Patung Sapi Ndekem dalam bahasa Indonesia bisa diartikan Patung Sapi Duduk, sebetulnya adalah sebuah gedung pertemuan, yang mana bagian luarnya dibuat menyerupai hewan sapi yang sedang duduk. Gedung Pertemuan Lembu Sora namanya. Gedung pertemuan ini hanya dibuka ketika ada tamu dari pemerintah daerah, bila tidak ada tamu pintunya ditutup rapat. Menurut mbah google, di dalam gedung pertemuan ini dimodifikasi layaknya gedung bioskop dengan kursi yang berundak. Yah… semoga suatu saat saya bisa menjadi tamu pemda boyolali dan bisa melihat secara langsung isi di dalam gedung lembu sora.

dilihat dari sisi barat

dilihat dari bawah

pintu masuk yang selalu tertutup… misteri apa yang ada di dalamnya

penampakan di dalamnya… pinjam dari koran solopos edisi 17 Desember 2015

Patung Sapi Ndekem yang berketinggian 11 meter, selesai dibangun pada bulan November tahun 2015. Dibangun di areal tanah berukuran 18 x 12 meter, dengan luas bangunan 160 meter persegi. Bangunan megah berbentuk sapi perah yang sedang ndekem atau duduk itu terletak di sisi utara alun-alun Boyolali di Kompleks Kantor Setda Pemkab Boyolali. Patung itu disebut menghabiskan anggaran hingga Rp 2,7 miliar.

Bila hari libur tempat ini luar biasa ramainya, makanya tidak heran bila banyak orang yang memanfaatkan keramaian ini untuk mengais rejeki. Berjajar rapi pedagang kaki lima menjual aneka makanan, siomay, es pelangi, aneka minuman, dll. Alun-alun menjadi ajang bermain motor bagi anak-anak. Saya memilih duduk di sekitar taman kantor DPRD, dengan selembar tikar kami duduk sekeluarga sambil menikmati makan siang bekal dari rumah. Cukup nyaman dengan adanya pohon rindang yang melindungi kami dari sinar terik sang surya.

dilihat dari sisi timur

sapinya betina

suasana jalan dekat patung sapi ndekem

banyak pohon rindang

So… Bagi yang ke Boyolali, jangan lupa untuk mampir ke sini, berswafoto kemudian mengunggahnya ke akun medsos anda, agar semua orang tahu bahwa anda baru berada di Boyolali.

Iklan

20 thoughts on “Ngobrol Bareng Keluarga di Patung Sapi Ndekem Boyolali

  1. azizatoen berkata:

    Abah pernah kesana kang, swafoto sendirian terus dipamerin di grup keluarga 😂 *ciri khas orangtua*
    Kang Nur ini hobinya jalan-jalan ya, asyik

    Suka

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Kang Nur….

    Kenapa dipilih patung sapi untuk dibina di Boyolali ? Mungkin di sana banyak sapinya sehingga dibina monumen tersebut sebagai objek wisata dan pertemuan warga kotanya. Indah sekali pemandangan di dalam perut sapi betina itu…hehe. Pasti sejuk di dalamnya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    Suka

    • Waalaikumsalam ibu siti, iya… Sapi perah merupakan ternak andalan kabupaten boyolali, hasil susu segarnya sudah terkenal, makanya patung sapinya dijadikan ikon kota

      Suka

  3. Keren! Sebelah mana ya? Saya udah lupa. Dulu tahun “93-an sering keliling daerah situ, terutama ke Colomadu, belakang Bandara. Lalu menginap di Hotel Beringin dekat BCA, terus…acara di Gedung Kartini. Pokoknya sering, hanya lupa nama. Tar nangkono ah…pun lami. Rek numpak brompit 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s