Edisi Jadoel : Rek Jezz Palmtree, Sebuah Teka-Teki

Lama tidak pernah menggunakan, saya kira barang mungil itu sudah punah. Batang kecil dengan kepala hitam yang tidur saling berhimpitan dan bertindihan di sebuah kotak kecil…terpenjara. Benda yang tidak bernyawa, tapi bila digesekkan ke pinggir kotak bisa menjadi hidup, membuat sebuah gejolak api dengan warna merah terang dan hawa panas yang bisa melukai apa saja yang dilewatinya, bahkan tubuh yang menopangnya tadipun bisa lenyap menjadi abu. Gejolak api yang berasal dari benda bernama rek jezz, atau dalam bahasa Indonesia dinamakan korek api. Ya… Korek api yang tak lekang oleh jaman, walaupun tidak pernah berinovasi tapi sampai sekarang masih eksis dijualu di warung-warung kelontong.

“The Palmtree” adalah nama korek api tersebut, ketika masa kecil saya dulu terasa susah membaca dan mengejanya. Dulu sampai sekarang gambar di bungkusnya tidak berubah, di bagian depan ada gambar laki-laki berkulit hitam memikul gentong sambil membawa arit dengan view pohon palm. Dari tulisan yang tercantum ada keterangan bahwa korek api ini adalah buatan Indonesia. Sedangkan gambar bungkus di belakang menggambarkan dua bola dunia dengan tulisan entah berbahasa apa. Ada keterangan bahwa korek api ini dibawah licensi dari Vulcan Sweden.

Ada sebuah misteri yang belum terpecahkan oleh saya sejak pertama kali lihat korek ini sampai sekarang. Saya tidak mendapati adanya keterangan korek api ini alamat pabriknya di mana. Bahkan ketika saya browsing, mbah google pun diam membisu, tak jua mendapatkan petunjuk. Apa memang dirahasiakan alamatnya ya, karena api itu kan termasuk bahan berbahaya. Mungkin bila ada yang tahu rahasia ini bisa dishare melalui kolom komentar di sini.

Masa sekarang, korek api sudah bukan merupakan kebutuhan pokok. Ketika kompor minyak sudah tergantikan dengan kompor gas, korek api sudah jarang sekali digunakan di area dapur rumah tangga. Kompor gas sudah punya alat pemantik api sendiri. Era sekarang paling banyak digunakan para perokok, atau sebagian kecil di pedesaan yang masih setia menggunakan tungku  dengan bahan bakar kayu sebagai sarana memasak. Berbeda dengan jaman dahulu, korek api merupakan kebutuhan pokok. Tiap rumah pasti punya, karena kegunaan api sangat penting pada saat itu. Untuk memasak dan penerangan di malam hari api belum tergantikan.

Bagi anak-anak kecil, korek api menjadi bahan mainan yang mengasyikkan ketika Ramadhan tiba. Untuk menyalakan kembang api, mercon, long minyak tanah, long karbit, juga mercon busi selalu menggunakan korek api. Permainan yang mengasyikkan walau berbahaya. Anehnya walau berbahaya, orang tua tidak ada yang melarangnya. 

Itulah seklumit kisah barang masa lalu yang sampai sekarang masih gampang ditemukan. Ada yang punya kisah lain, silakan berbagi di sini.

19 respons untuk ‘Edisi Jadoel : Rek Jezz Palmtree, Sebuah Teka-Teki

  1. Saya dulu suka ngumpulkan bungkusnya Kang, buat mainan 😀 Atau sekedar mainan koreknya, sampai habis terbakar, dan batangnya yg jadi arang tetep utuh.

    Dirumah saya masih sering pakai korek api ini Kang, soalnya masaknya masih pakai tungku juga. atau kalau ga gitu korek yang bensol.

    Suka

  2. Joni Delaroza berkata:

    Ingat, ingat, ingat…Waktu kecil ibu saya selalu beli. Bila isinya habis, kotak dalam/putihnya buat telepon benang. Benangnya minta sama yang punya layangan. Disambung, halo…halo…halo… :D. Lalu bisa juga dibuat kamera intip dan ada seperti pemandangan pesawat di dalamnya. Caranya,ckotak korek api dibungkus kertas minyak, didalamnya dikasi gulungan kertas buku tulis kalau gak salah. Lalu diintip, kelihatan dah. Gitu kalo gak salah.
    Sudah “baheula” sekali. Itu tahun “70-an.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.