Permasalahan Seputar Pendaftaran Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat

Walaupun system pendaftaran Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat sudah bisa dilakukan secara online, bukan berarti semua perawat yang mendaftar akan bebas dari segala permasalahan. System memang belum sempurna dan masih perlu mendapatkan perbaikan, sehingga akan meminimalkan segala permasalahan. Saya mendapati beberapa permasalahan, bukan karena saya tidak bisa mengoperasikan web mtki, tetapi memang karena system yang tidak bisa merespon dengan baik. Saya akan mencoba menulis masalah yang saya temui, baik yang berhubungan dengan system atau di luar system, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Pendaftaran STR Perawat secara Online

Sebelum melangkah ke permasalahan yang berhubungan dengan system, sebetulnya ada masalah yang berhubungan dengan luar system. Saya akan tulis sesuai dengan yang saya temui di lapangan. Perubahan system pembuatan STR dari manual ke online ternyata membawa dampak pada tidak tahunya cara pembuatannya, baik itu pada pihak lulusan terbaru, pihak kampus, bahkan pihak PPNI. Sosialisasi yang kurang atau mungkin karena memang belum berpengalaman kadang menjadikan pencari STR melampirkan berkas yang tidak diperlukan, sehingga hanya membuang-buang waktu saja.

Minim Jaringan Internet

Jaringan internet merupakan modal utama untuk melakukan pendaftaran online. Era sekarang internet merupakan kebutuhan yang sangat penting. Namun pada kenyataannya internet kadang belum menjangkau seluruh wilayah, terutama daerah pedesaan dan terpencil. Untuk kasus minim internet ini sebetulnya bisa disiasati dengan melakukan pendaftaran di daerah yang mempunyai jaringan internet memadai. Bila tidak punya laptop bisa dilakukan di warnet, tapi lakukan di pagi hari senin sampai jum’at ketika bank buka semua, karena bila dilakukan di malam hari atau hari sabtu minggu akan tertunda ketika ada permintaan pembayaran ke bank.

Bila daerah Anda benar-benar di daerah yang tidak ada jaringan internetnya, sedangkan untuk menuju ke tempat yang ada jaringan internetnya sangatlah jauh, lebih baik Anda langsung menuju MTKP di Provinsi anda tinggal. Anda akan dibuatkan pengantar untuk pembuatan STR secara manual. Sebelum menuju MTKP, pastikan Anda membawa semua persyaratan pembuatan STR.

Perbedaan alamat KTP, alamat rumah, dan alamat intitusi pendidikan

Pada beberapa kasus hal ini pernah terjadi. Misalnya, Andi (bukan nama sebenarnya), sesuai KTP beralamat di Pacitan Jawa Timur, sedangkan sekolahnya di Solo Jawa Tengah. Sedangkan sekarang Andi bekerja di Bandung dan berdomisili di Bandung Jawa Barat. Hal ini kadang menjadikan kebingungan tempat MTKP yang dituju, apakah MTKP Jawa Barat, atau MTKP jawa Tengah, ataukah MTKP Jawa Timur.

Solusi untuk kasus di atas adalah Anda pilih MTKP yang paling mudah untuk dituju dari ketiganya. Anda bisa pilih yang sesuai KTP, intitusi pendidikan atau tempat domisili Anda.

Pembuatan STR Baru tidak Perlu Pengantar Kampus atau PPNI

Kurangnya pengetahuan tentang tata cara pembuatan STR baru kadang membuat pemohon melakukan hal-hal yang tidak perlu, yang hanya akan membuang-buang waktu saja. Kadang kita mencari informasi melalui orang yang tidak tepat, misalnya dosen atau pengurus PPNI. Kadang dosen atau pengurus PPNI memberi informasi berdasar pengalaman tahun-tahun yang lalu.

Informasi yang sering menyesatkan adalah tambahan persyaratan dari kampus dan PPNI daerah Kota atau Kabupaten. Hal ini hanya akan buang-buang waktu saja, karena nantinya tidak akan dipakai. Kadang mencari pengantar dari kampus atau PPNI daerah belum tentu sehari langsung jadi. Sudah susah-susah nyari, giliran diberikan di MTKP… eeee… tidak usah pakai ini. Haduh… jadi boros tenaga nih…

Tidak dapat Email PIN

PIN merupakan kunci untuk masuk ke akun kita. Bila kita tidak punya PIN, maka kita tidak punya akun selamanya. Permasalahannya, kadang email balasan untuk PIN tidak didapatkan. Dicari di inbox, spam, bahkan di tempat sampah pun tak didapatkan. Ditunggu beberapa saat, 1 jam, 2 jam, sehari dua hari email tak didapatkan. Ada yang mencoba daftar lagi dengan email yang sama, tapi jawabannya adalah “Email sudah terdaftar, jika anda lupa PIN anda, silahkan gunakan fasilitas Lupa PIN”. Diulang bekali-kali jawabannya seperti itu terus.

Bila hal ini terjadi, maka langkah yang dilakukan adalah gunakan fasilitas “Lupa PIN”. Bawah halaman permintaan PIN ada tulisa Saya Lupa Pin Akses? Klik saja yang itu.

Setelah itu akan muncul tampilan di bawah ini.

Segera masukkan alamat email Anda, setelah itu klik Send PIN. Segera buka email Anda, cari di inbox, in sya Allah akan anda dapatkan email PIN dari MTKI.

Ada beberapa teman yang terpaksa membuat email baru untuk mendaftar, tapi cara ini akan buang-buang waktu saja. Bisa saja masalah serupa akan terjadi lagi.

Baca juga : Daftar nama dan kontak Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP) se-Indonesia

Bila tidak Mendapatkan Nomor Berkas

Nomor berkas didapat ketika kita sudah memasukkan semua berkas ke Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP). Beberapa hari setelah kita memasukkan semua berkas, dari MTKP akan mengirimkan pemberitahuan bahwa berkas kita sudah diterima di MTKP melalui email kita masing-masing. Selain pemberitahuan, email kita juga berisi tentang adanya nomor berkas. Nomor berkas digunakan untuk melakukan cek status, seberapa jauh STR kita telah diproses.

Pada kenyataannya, banyak kasus teman-teman tidak mendapatkan email pemberitahuan maupun nomor berkas. Satu minggu, dua minggu, satu bulan, dua bulan tak jua muncul.Hal ini kadang bisa terjadi, karena email dari MTKP dikira mengandung muatan SPAM oleh system. Coba buka di SPAM karena kebanyakan kasus email sering menyasar ke SPAM. Kalau di SPAM tidak muncul, maka hubungi Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi di mana tempat Anda mendaftarkan STR.

Baca juga : Cara melihat cek status pembuatan Surat Tanda Registrasi Perawat di situs MTKI

Bila Nama Online Tidak Sama Dengan Nama di Ijazah

Pernah ada permasalahan, ketika pendaftaran online sudah pada langkah pengisian data, ternyata ada perbedaan nama online dengan nama ijazah. Nama online tidak bisa diubah secara manual, karena nama online sudah secara otomatis terisi dari system. Ada teman saya yang bernama lengkap Is’adi Mustofa, tapi di online hanya keluar nama Is. Saya mencoba menghubungi pihak IT kampus, tapi mereka juga tidak tahu cara membetulkannya. Nama Is’adi Mustofa dicoba didaftarkan lagi dengan nama Is adi Mustofa tanpa tanda ‘ di atasnya, tapi tetap tidak menyelesaikan masalah.

Saya bawa permasalahan ini ke MTKP Jawa tengah, ternyata solusinya gampang banget. Saya hanya disuruh mencetak sesuai apa yang tertulis di online, selanjutnya akan diperbaiki secara manual oleh MTKP. Nama di STR nantinya akan disesuaikan dengan nama di ijazah.

Bila data di online tidak sesuai dengan data di Serkom dan Ijazah

Permasalahan yang lain yang saya temui adalah data yang berubah ketika data sudah disimpan. Ketika semua data yang kita masukkan dirasa sudah benar, segera kita save semua data tersebut. Tapi ketika kita cek ternyata data kita jadi berubah, mungkin tanggal lahir, alamat, tempat kerja, nama instansi pendidikan, atau yang lain. Dari data-data tersebut kadang ada yang bisa kita perbaiki lagi, tapi ada juga yang tidak bisa.

Solusinya sama dengan solusi perbedaan nama, yaitu cetak sesuai apa yang tertulis di online. Kesalahan di online nantinya akan diperbaiki secara manual oleh MTKP. Semua data disesuaikan dengan data di ijazah.

Bila tidak mendapati kode billing

Ada yang mengeluhkan ketika langkah pendaftaran sudah sampai pada request kode billing, tapi dari system tidak merespon. Kode billing tidak didapatkan sehingga tidak bisa menuju langkah selanjutnya. Bila hal ini terjadi segera hubungi IT kampus agar tahu letak kesalahannya. Bila IT kampus tidak mampu, langsung ke MTKP agar dibuatkan billing secara manual. Bawa semua persyaratan pembuatan STR agar tidak bolak balik ke MTKP, apalagi bila rumahnya jauh dari MTKP.

Demikian beberapa permasalahan yang pernah saya temui, mungkin masih banyak permasalahan lain karena memang sytem belum sempurna. Semoga ke depannya system pendaftaran STR online semakin baik sehingga menjadi lebih memudahkan.

Semoga bermanfaat.

161 respons untuk ‘Permasalahan Seputar Pendaftaran Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat

  1. Alhamdulillah tahun lalu proses STR online lancar tidak ada kendala. Menurut saya membantu sekali sistem online ini terutama bagi tenaga kesehatan yang domisilinya jauh dr mtkp. Dan pengalaman dr mtkp juga fast respon, saat tahu rumah saya jauh dr mtkp (sy masuk wil. Jateng jd kantornya di semarang), petugas mtkp menawari utk dikirim via pos. Gampang dan mudah 😊

    Suka

  2. Rendi Situmorang berkata:

    Masalah konfirmasi pembayaran, padahal saya sudah membayar melalui teller Bank BRI dan mendapat Kode Billing. Namun sudah lima hari tidak dapat konfirmasi pembayaran. Tolong petunjuk!

    Suka

    • Itu bisa jadi karena jaringan bri yang tidak segera terhubung ke situs mtki. Bila hal ini masih terus terjadi, maka bawa semua persyaratan ke mtkp di propinsi anda, beserta bukti pembayaran, untuk selanjutnya akan diproses secara manual.

      Suka

    • Itu bisa jadi karena jaringan bri yang tidak segera terhubung ke situs mtki. Bila hal ini masih terus terjadi, maka bawa semua persyaratan ke mtkp di propinsi anda, beserta bukti pembayaran, untuk selanjutnya akan diproses secara manual..

      Suka

  3. Imam Fauzi Nurdiansyah berkata:

    Ibu bpk mohon sarannya
    Sya sdh ngrim berkas 5 bln yg lalu tp sampai saat ini blm mndapatkan no berkas dan sya sdh datang ke MTKP MTKI dan PROFESI jwaban mereka hanya saling lempar padahal berkas saya sudh smpai ke MTKI ,apakah berkas saya hanya ditumpuk oleh pihak yg tidak bekerja dgn baik atw ada mslh dgn berkas saya?mhon pencerahannya karna saya bingung dgn peraturan negri ini banyak aturan tp bikin surat surat kaya gini aja susahnya minta ampun

    Suka

  4. Imam Fauzi Nurdiansyah berkata:

    Dan saya bulan kemarin krim berkas lgi tepatnya tgl 12-03-2018 tp smpai detik ini blm ada perkembangan

    Suka

  5. Ismi berkata:

    Sy sudah 2 bln nunggu konfirmasi email unt kejelasan berkas, eh taunya berkas sy dibilang hilang dan gak sampai ke mtki
    Sy buat ulang dan semoga lancar. Aamiin

    Suka

    • Aulia berkata:

      sama seperti saya…
      padahal saya pes ngetik sambil lihat KTP tapi keluar beda….
      kan aneh, server eror bgt.
      karena saya buru** ga dicek setelah berkas ke mtki saya baru ngeh ternyata NIK berbeda dg yg asli…
      mau benerin mumpung belum jadi STR nya bingung

      Suka

      • Bagaimana solusinya jika nomor NIK tdk bisa dipakai mendaftar lagi? Karena sebelumnya sy pernah menggunakannya di web mtki sekarang sy mau menggunakannya di web mtki tp tdk bisa krna NIK sudah pernah dipakai mendaftar

        Suka

  6. Derniwati berkata:

    Kak..bagaimana kalau nama kampusnya di online berbeda dengan kampus kita? Apakah bisa sesuaikan manual di MTKP? Dan kapan bisa kita ajukan perbaikannya? TERIMAKASIH

    Suka

  7. Nur maulinda fajrin berkata:

    maaf sya ingin tanya.
    saya baru sampai di tahap 1 pengisian data pribadi,dan saya baru pertama kali ingin mendaftar pembuatan STR. tiba2 di bawah kolom nama saya ada tulisan merah kecil-kecil
    ” nama anda sudah terdaftar, silahkan menghubungi MTKP untuk memperpanjang STR anda.
    bagaimana ya ibu/bapak mohon solusinya. trimaksih banyak

    Suka

  8. dewi berkata:

    Slam kenal kak. perkenalkan sy dewi dari papua. izin menanyakan untuk perpanjagan STR secara online sy mndpt maslah di STEP 1 informasi pribadi. sy tdk dapat meninput dta email di kotak tersedia (faktanya kotak itu berwarna abu2 dan macamnya udh dr sistem tdk bisa diketik apapun).tp klo kita klik step selnjutnya maka dpt wrning erot hrus ttp diisi. Minta bantuanya tman2 smua klo tau ttg permasalhan ini.
    mksi

    Suka

    • Ini error dari system, mending langsung saja ke mtkp dengan membawa semua persyaratan agar dibuatkan berkas secara manual. Atau kalau anda sudah menjadi anggota ppni, minta saja bantuan pada ppni kabupaten/kota agar dibantu.

      Suka

      • dewi berkata:

        siap kk trima kasih. awalnya sy buat secara manual kak.. tp hampir setengah tahun ini tdk di proses di MTKP makanya sy ambil smua berkas dan buat secara online. lah…malah dpt masalah disistem gitu kak..

        Suka

  9. Sandra berkata:

    Selamat pagi saya ingin bertanya bu. Saya sdah pada tahap pengiriman berkas. Lalu setelah saya cek ulang, saya salah memasukan nomor ijazah. Apakah bisa diperbaiki ya bu? Mohon bantuannya. Terimakasih

    Suka

  10. Umardin berkata:

    Mau tanya, knp ya pada saat saya cek status. Hasilx tdk ada. Yg muncul cuma status str tdk di temukan. Sebenarx berapa hari baru bisa cek status setelah nomor berkas sudah ada.

    Suka

  11. Selamat pagi.Mau tnya. apabila str lama yng msh mtkp habis dan sudah mengurus rekom dari ppni, untuk daftar online mtki dipilih yang registrasi baru apa perpanjangan?
    Sudah saya coba perpanjangan tpi data yang dimasukkan tidak ditemukan. Mohon bantuannya. Terima kasih

    Suka

  12. Evi jan ria ulina berkata:

    Saya sudah mendaftar bulan 2 kemarin ke mtki semua berjalan lancar tinggal tunggu no berkas bahkan sudah bayar biling tapi ceroboh nya saya pada saat itu saya memibta kawan saya yg mendadarkan dan sekarang dia lupa email, pasword dan pin lalu saya coba untuk membuat lagi str dengan email yg baru pada awalnya baik kemudian saat menyimpan di tuliskan bahwa no ktp sudah di pakai saya rasa karna yg pertama mohon bantuannya untuk solusinya ya terimakasih

    Suka

    • Str tidak bisa didaftarkan dgn email yg baru. Solusinya anda datang ke mtkp propinsi tempat anda mendaftar dulu, tanyakan tentang keberadaan berkas str yang dulu, saya yakin datanya masih tersimpan

      Suka

  13. aminatur rohmah berkata:

    bagaimana jika alamat yang tertera di STR MTP berbeda dengan STR MTKI, karena saat saya mengurus STR MTKP saya masih ikut alamat orang tua, dan sekarang ketika mengurus STR MTKI saya sudah pindah alamat rumah….

    terima kasih

    Suka

  14. Kak sy mau bertanya, pada saat saya melakukan registrasi pada tanda ktp itu tandanya merah yg berarti datanya eror. Solusinya bagaimana ya kak? Mohon jawabannya. Terima kasih 🙏

    Suka

  15. Kak sy mau bertanya, pada saat saya melakukan registrasi pada tanda ktp itu tandanya merah yg berarti datanya eror. Solusinya bagaimana ya kak? Mohon jawabannya. Terima kasih 🙏

    Suka

  16. Niken berkata:

    Assalamualaikum kak, mau nanya. Kalo ada kesalahan nama pada sertifikat ukom, tapi saat daftar online pada sistem nama saya sudah benar. Apakah nama pada str saya akan salah juga? Terima kasih

    Suka

  17. Triana Hartanto berkata:

    saya mau tanya kemarin saya cb registrasi STR secara online ternyata saya salah mengklik registrasi baru harusnya mengklik perpanjang pada saat klik perpanjang sistem menolak trs keterangan bahwa saya pendaftar baru, bagaimana solusinya. terima kasih

    Suka

  18. azza lailiya susmalita berkata:

    assalamualaikum,
    izin bertanya bu, kemarin saya sudah mengisi step 1 sampai step 3 untuk registrasi STR dan tertera “Data usulan registrasi STR Saudara telah selesai, kemudian akan dilakukan validasi dan keabsahan data. Jika Saudara menerima informasi melalui email : data terdapat kesalahan /kekurangan/ketidaksesuaian lakukan perbaikan data secepatnya, jika data sesuai/benar/asli/disetujui kemudian lakukan pembayaran dengan menggunakan kode billing yang didapat melalui menu “cek status” dan selanjutnya Saudara bisa mengetahui proses usulan registrasi STR dengan mengklik juga “cek status” melalui web ktki.kemkes.go.id. ”
    untuk mendapatkan kode biling harus menunggu berapa lama ya bu?
    terima kasih

    Suka

  19. Tika Muthia berkata:

    Mbak mau tanya, saya sudah daftar dan dapat pin baru. Tp saat coba login gagal terus, pin tidak valid. Mau hubungi helpdesknya juga ga bisa, data tidak valid. Ini kenapa ya?

    Suka

  20. entira berkata:

    kak saya pakai alamat email baru untuk pendaftaran tapi setelah masuk yang muncul alamat email yang lama, padahal hp sudah hilang lama dan paswordnya juga sudah lupa kak. gimana ya?

    Suka

  21. kak saya mau tanya saya baru mau mendaftarkan online STR saya, nah di step ! ada plilihan daftar melalui MTKP, apakah bebas saja pilih MTKP yang terdekat dari rumah, saya berkuliah dibandung namun saya rencana mau mengurus di MTKP jakarta bukan di MTKP bandung apakah bisa?? mohon dibalas terimaksih kak

    Suka

  22. reladi berkata:

    slamat sore semunya , saya sedang mengurus str tetapi pada saat memasukan no nik ktp knpa tidak bisa masuk ? saya sudh cek nik ktp e lektrik sudah terdaftar d capil. mohon informasi dan bantunya admi🙏🙏

    Suka

  23. nelly siagian berkata:

    masih bisa pakai versi lamakah? saya pakai pakai versi 1.0 , kok ga bisadapat kode biling yah. mohon bantuannya..

    Suka

  24. Doris berkata:

    Mau tanya.. Ini saya di suruh memperbaiki yg salah pemasukan data.. Sekali saya dah mengganti nya cuma saya tidak ada di beri info selanjutnya.. Saya menunggu ini sudah hampir mau satu bulan.. Terus tidak ada kejelasan dari Mtki pusat.. Sedangkan teman saya baru dari saya.. Dan awal nya pun di suruh perbaikan.. Cuma punya teman saya sudah selesai sampai tahap akhir.. Tp punya saya tidak ada kejelsan dari aplikasi.. Kepada pengurus aplikasi tolong di verifikasi punya saya atas nama STEVANUS DORIS SEPTIAN. kita sebagi tenaga medis diminta untuk harus ada str. Tp ini sudah di buat tapi tidak ada kejelasan.. Minta tolong kepada yang mengurus nya agar bisa di jawab pertanyaan saya

    Suka

  25. Irna berkata:

    Punya saya mnta perbaikan data foto…tpi saya tidak tau cara perbaikannya gimana cara perbaikannya minta tolong di jelaskan dong…

    Suka

    • Buat foto baru yang sesuai standart, trus masuk ke cek status di website ktki, dibawah permintaan perbaikan foto ada tautan untuk upload foto pengganti. Masuk ke tautan trus upload foto terbaru.

      Suka

  26. selamat sore, mohon info, saya mau daftar str online, sudah mendapatkan pin, akan tetapi saat mau registrasi, msukan email dan pin di katakan email tidak terdaftar berkali-kali tidak bisa, saat mau bikin pin baru, masukan email dan nik yang baru di katakan nik sudah terpakai. mohon solusinya. trima kasih.

    Suka

  27. Jauharin berkata:

    Selamat siang kak.. saya sudah masuk ke step 1 lengkap isi choos file nya lalu saya klik lanjut tp ternyata gagal memnyimpan. di keterangan file poto meminta untuk mengaplod pas poto resmi. maksudnya gimana ya? gagal terus nih

    Suka

  28. Resty berkata:

    Saya dlu pernah pake email suami coba masuk aplikasi untuk buat str SKM hanya sampai tahap buat akun, tp tdk dilanjut karena saya hanya mau buat str bidan, akhirnya saya pakai email saya untuk str perpanjngan bidan.. Nah sampai skrng blm ada kbr hmpir sebulan, ktnya tunggu verifikasi, tmn saya buat pagi sore sudh keluar id billing, jd saya hrus gmn? Ngaruh ga dgn akun sblmnya yg saya buat

    Suka

  29. eka berkata:

    min bagaimana kalo ada kesalahn seperti ini misalkan mau masuk terus belum punya pin kan, setelah itu kita masukkan email dan no nik tetapi no niknya tidak bisa digunakan mendaftar karna sudah digunakan sebelumnya untuk mendaftar itu yang muncul.bagaimana solusinya min ?

    Suka

  30. anja berkata:

    Saya sudah mendaftar sampe step 2 tapi gagal request kode billingx,terus saya bertanya ke mtkp tapi jawabanx suruh periksa lagi data mungkin ada yang salah..

    Suka

  31. SEMUN ALI berkata:

    Asslmakum wh..wb. saya mau tanyak saya kan lulusan tahun 2014, untuk lulusan tahun dibawah tahun 2013, tanggal ijazah maksimal tanggal 31 desember 2013, mohon petujuk.

    Suka

  32. Ardenela Sinthiya Ginting berkata:

    kak, sy mau bertanya. nama sy salah di str ulang. pada step pertama saya sudah lengkapi semua berkas di ktki kemkes str online, tp pas melihat nama sy salah. sy lapor pihak kampus, bagian pddikti dan pihak kampus sudah memperbaiki nama sy. sy bingung harus melapor kepada siapa. sy dari kebidanan negeri di medan. tolong bantuannya ya kak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.