Lama Pembuatan Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat

Berapa lama STR jadi? Sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan perawat baru ketika awal pembuatan STR. Sebuah pertanyaan yang tentunya sekarang ini akan sulit mendapatkan jawaban pasti karena memang lamanya pembuatan STR akan berbeda antara satu orang dengan beberapa orang yang lain. Menurut pengalaman ada yang 6 bulan sudah jadi, 7 bulan, bahkan ada yang 1 tahun, bahkan yang lebih ekstrim… ada yang tidak terlacak keberadaannya. Haduh…

Sebenarnya, bila kita membuka situs MTKI, pada portal cek status akan kita dapati tulisan yang menyatakan lamanya pembuatan STR. Lihat gambar di atas. Di sana akan kita dapatkan tulisan “Perkiraan STR selesai proses paling cepat 18 hari kerja dihitung dari Tanggal Persetujuan STR (13 Dec 2017). Berarti, kalau mengacu pada tulisan tersebut, STR akan jadi pada bulan Januari 2018. Betulkah demikian?

Coba kita lihat, Berkas STR dikirim ke MTKP kira-kira tangal 18 oktober 2017, tapi diatas ditulis berkas masuk MTKP tanggal 26 oktober 2017. Kemudian setelah berkas diterima MTKP, selanjutnya akan dikirim ke MTKI Jakarta. Pada status di atas berkas dikirim ke MTKI tanggal 29 November 2017. Berarti berkas tersebut menginap 1 bulan di MTKP. Selanjutnya, perjalanan menuju ke MTKI dari MTKP Jawa Tengah menempuh waktu hampir setengah bulan, yaitu sampai tanggal 13 Desember 2017. Lama banget ya. Namun di tanggal itu langsung mendapat persetujuan dari MTKI.

Kalau mengacu pada ketentuan di situs MTKI, maka STR akan jadi paling cepat 18 hari kerja dihitung dari tanggal persetujuan STR. Jadi, dari status ini bisa dihitung sejak tanggal 13 Desember 2017 tambah 18 hari. Awal Januari 2018 harusnya sudah jadi, atau paling lambat ya tengah bulan. Tapi ternyata tulisan itu tidak menunjukkan sebuah kenyataan. Lihat lagi status di atas, STR yang sudah jadi baru dikirim ke MTKP pada tanggal 05 Maret 2018. Haduh… Lama sekali.

Bahkan sampai 2 bulan berikutnya status itu masih sama seperti itu, STR belum diterima di MTKP. Akhirnya karena sebel setiap kali cek status masih seperti itu terus, maka teman saya coba telpon kontak person di MTKP. Ternyata STR saya dan kawan-kawan sebetulnya sudah diterima MTKP, tapi masih nunggu antrian untuk dimasukkan ke dalam status. Haduh… ternyata seperti itulah system pembuatan STR, saya hitung perlu waktu 8 bulan untuk menunggu STR sampai di tangan.

Seharusnya pihak MTKI ketika mencantumkan STR jadi minimal 18 hari setelah pengesahan mematuhinya. Kalau memang belum bisa, harus mengganti prosedur waktu yang sudah disepakati. Atau mungkin SDM nya ditambah sehingga waktu yang dijanjikan bisa efektif, kalaupun mundur tidak akan terlalu lama. Semoga ke depannya MTKI bisa lebih baik lagi.

 

 

15 respons untuk ‘Lama Pembuatan Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat

  1. Sheilla gabriella berkata:

    Saya…aq Uda kirim lebih dulu dibandingkan temenku..tapi punyaku belum di terima di mktp malah punya temenqku udah duluan…sebel aq

    Suka

  2. Wa Ode Haziriani berkata:

    Assalamu’alaikum
    Mf mb, status str sy telah di cetak tgl 14 april 2019 kemarin.. Kirakira berapa lama akan dikirim str nya?
    Terima kasih..

    Suka

  3. Dewi berkata:

    Mohon pencerahan ….saat daftar kemarin ada kesalahan satu huruf di email….jadi email blm terdaftar bagaimana ya untuk merubah emailnya

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.