Cara Mendaftar Menjadi Anggota PPNI Terbaru

Mulai tahun 2019, semua lulusan perawat secara tidak langsung harus menjadi anggota PPNI. Ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana lulusan perawat baru akan menjadi anggota PPNI bila sudah bekerja. Banyak yang kebingungan, kemana lulusan baru mau mendaftar, padahal di situs PPNI, pendaftaran anggota PPNI harus melalui komisariat, padahal komisariat itu tempatnya di tempat kerja. Sedangkan untuk menjadi indipenden tidak ada pilihannya di system. Trus, gimana solusinya?

Baca juga :

Cara mendapatkan surat patuh profesi perawat

Cara Perpanjangan Surat Tanda Registrasi Perawat versi 2.0

Cara Mendapatkan Kode Virtual Account untuk Pembayaran Iuran Tahunan PPNI

Cara pembuatan STR perawat terbaru versi 2.0

Nilai SKP pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) di Aplikasi Manajemen Keanggotaan PPNI

CARA MELENGKAPI (MEMPERBAHARUI) DATA KEANGGOTAAN DALAM APLIKASI MANAJEMEN KEANGGOTAAN PPNI

Cara Mengajukan Permohonan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Anggota PPNI Lewat Aplikasi Manajemen Keanggotaan

Solusinya adalah, lulusan perawat baru harus mendaftar menjadi anggota PPNI melalui DPD PPNI Kabupaten atau Kota sesuai alamat KTP masing-masing. Silahkan datang ke sekretariat DPD PPNI untuk dipandu dalam pendaftarannya. Atau bisa dilakukan sendiri di rumah dulu, karena pendaftarannya dilakukan secara online.
Untuk tutorial versi video bisa lihat di bawah ini.

Sebelum melakukan pendaftaran online, baiknya Anda persiapkan dulu perangkat yang harus digunakan untuk mempermudah pelaksanaannya, diantaranya adalah :
  1. Smartphone atau laptop
  2. Paket data secukupnya
  3. E-KTP
  4. Ijazah terakhir, di scan jadikan file, Jenis File : jpg, gif, pdf ukuran maksimal 150 Kb. Penulisan nama file disarankan tidak terlalu panjang dan tidak menggunakan karakter Ex : ( &, @, $)
  5. Email aktif dan tahu passwordnya, lebih baik email@gmail.com yang terhubung dengan smartphone anda.
  6. Uang Rp.360.000,-


Baca Juga :

Cara mendapatkan Surat Patuh Profesi Perawat

Cara Perpanjangan Surat Tanda Registrasi Perawat versi 2.0

Cara Pembuatan Surat Registrasi Perawat Online versi 2.0

Cara Mendapatkan Kode Virtual Account untuk Pembayaran Iuran Tahunan PPNI



LANGKAH-LANGKAH :

1. Menuju ke browser kesayangan anda Buka website https://ppni-inna.org 

2. Pilih menu pendaftaran registrasi/ registration, kemudian tampilan web seperti di bawah ini, kemudian pilih Perawat Dalam Negeri
3. Lihat perubahan tampilan web di bawah, masukan biodata anda secara lengkap sesuai kolom yang disediakan.
Pada langkah ini Anda harus menginput data berdasar E-KTP anda yang meliputi : Nama lengkap tanpa gelar, nomor KTP, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis kelamin, Agama, Status Perkawinan, Gelar Depan dan Gelar Belakang.
Selanjutnya Scrool ke bawah untuk memasukkan data selanjutnya.
Isi kolom alamat sesuai E-KTP, alamat lengkap dari RT/RW sampai propinsi, kode pos tidak wajib, telepon rumah tidak wajib, nomor handphone wajib.
Isian data selanjutnya adalah tentang keterangan keanggotaan, meliputi : Jenis perawat, vokasi atau profesi, Anggota Propinsi, Anggota Daerah, dan Anggota Komisariat. Semua keterangan anggota harus diisi. Khusus untuk perawat lulusan baru, karena belum punya komisariat, maka komisariat bisa diisi komisariat terdekat sesuai alamat kecamatan di E-KTP.
Isian selanjutnya tentang data Pendidikan Perawatan Terakhir, meliputi : Universitas/STIKes/Akademi/Institusi, Jenjang, Peminatan (jika ada), Tahun Masuk, Tahun Lulus, Nomor Ijazah, dan Upload ijazah terakhir.
Isian selanjutnya adalah alamat unit kerja. Diisi untuk perawat yang sudah bekerja, bagi yang belum bekerja dilewati saja. Isian alamat unit kerja meliputi Nama Kantor, Alamat, Kota, Status Kepegawaian, Telepon Kantor. Bagi yang belum bekerja langsung isian ke Kontak Informasi dengan memasukkan alamat email ke kolom Email dan ulangi email. 
Selanjutnya teliti dulu semua data, bila sudah yakin semua benar pilih DAFTARKAN.
4. Tunggu beberapa saat karena data kita sedang di proses , Periksa email yang anda masukan tadi lihat jika ada Verifikasi email dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Pendaftaran Anda Berhasil, selanjutnya data Anda akan diverifikasi tim administrasi komisariat tempat anada mendaftar.
5.Selanjutnya Anda akan mendapatkan email veifikasi seperti di bawah ini.
6.Verifikasi berhasil selanjutnya Anda harus membayar uang pendaftaran ke Bank BNI dengan menggunakan data Virtual Account yang dikirim via Email. Besaran dananya adalah Rp.360.000,- . Segera bayarkan karena virtual account akan kadaluarsa setelah 7 hari sejak dikirim ke emailmu.
7. Bila Anda sudah melakukan pembayaran, maka tunggu sampai ada email dari PPNI yang memeberitahukan tentang NIRA dan Password anda.
Sudah selesai semua rangkaian tutorial, selanjutnya gunakan no NIRA dan Pasword untuk Login Box ke membership PPNI untuk keperluan Anda dalam organsasi profesi

61 respons untuk ‘Cara Mendaftar Menjadi Anggota PPNI Terbaru

  1. Arini berkata:

    Kenapa nomer VA saya invalid ya pak ? Padahal belum 7 hari. Dan saya juga sudah melakukan request VA juga invalid .. apakah karena waktu pendataan salah ( kurang nomor ijazah dan upload ) jadi mempengaruhi ?

    Suka

  2. Dayah berkata:

    Mbk, maaf mau tanya saya kemaren daftar di PPNI lewat online, sampai verifikasi DPK, tp selanjut.nya saya sudah 3 Minggu kok blm dpt email lagi, untuk membayar lewat bank.nya, lah saya tanya di DPK katanya sudah saya verifikasi data.ne jenengan, yg saya bingung kan kok udah 3minggu kok enggak ada email masuk lagi dari PPNI??

    Suka

  3. Hanif berkata:

    Mohon mau tanya, saya sudah melakukan pendaftaran nira, sudah mendapatkan no va untuk membayar, akan tetapi ketika saya membayar no va salah, lalu saya daftar lagi tetapi sudah terdaftar dan , sudah saya tanya di email tapi tidak di balas balas. Apakah saya dapat menghubungi ppni via apa?
    Terimakasih

    Suka

  4. rabyana berkata:

    mohon maaf mba mau tanya, saya sudah melakukan pendaftaran ppni kemarin hari jumat bareng sama temen saya, trus untuk verifikasi pembayaran saya belum ada balasan dari email ppni sudah 3 hari. sdgkn punya temen saya sudah ada balasan dari email ppni. jadi saya harus menunggu atau gimana ya mba?
    terimakasih.

    Suka

  5. Riska berkata:

    Maaf mau nanya. Saya sudah daftar poni tapi belum mendapat verifikasi untuk pembayarannya. Saya sudah menghubungi dpk nya tapi beliau bilang dicoba lagi saja. Bagaimana ya?

    Suka

  6. Riska berkata:

    Batas waktu untuk mnunggu verifikasi dr dpk berapa lama ya? Soalnya say sudah 4 hari dari waktu pendaftaran belum di verifikasi? Bgaimana ya?

    Suka

  7. Rismawati berkata:

    Mau tanya saya sudah daftar, pendaftaran nya sudah berhasil, menunggu verifikasi pendaftarannya untuk membayar tapi saya baru perhatikan ternyata penulisan gelar depan & belakang saya terbalik,
    ( S.kep R….I Ns)
    bagaimana solusinya ?

    Suka

  8. Rambat Aji berkata:

    Maaf pak mau tanya, saya sudah coba daftar online tapi kenapa gak ada email masuk verifikasi sudah 1 hari ini ya? atau harus menunggu berapa hari?

    Suka

  9. Besse masni berkata:

    Sy sudah mendaftar dan sudah membayar nira di bank sebesar 360rbu tapi sudah seminggu belum ada balasan email dan belum ada no nira..
    Untuk selanjutnya gimana dong kok bulum ada balasan imelnya..

    Suka

  10. emilia marta deli berkata:

    assalamualaikmu, saya udh dapat va cuman saya telat bayar cara request va nya lagi bagaimana ya min mohon bantuanya terima kasih

    Suka

  11. rahma berkata:

    Apa ada yang sama dengan saya? Di ppni dpd dimintai uang 250rb dan dapat batik ppni. Lalu setelah itu baru bayar 360rb. Belum lagi nanti pas ngurus str pusat? Minta pendapat dong

    Suka

    • masalah hem batik ppni, itu kebijakan masing masing DPD berbeda. Sebetulnya bukan hal yang wajib, tapi kelihatan DPD menggunakan aji mumpung, mengeruk keuntungan dari orang yang membutuhkan

      Suka

  12. enden berkata:

    saya sudah daftar cuma saya salah memasukan komisariat, sehingga sudah 2bulan saya mendaftar blm ada lg balasan email untuk no virtual account..
    saya sudah mencoba buat baru lg jg gabisa karena data saya sudah terdaftar..
    untuk kelanjutannya saya harus bagaimana?

    Suka

  13. Dewi berkata:

    Mohon tnya kk..sy ud trdaftar u buat anggota ppni ttpi sy tggu blesan email u verifiksi n va juga blm..brp hr biasa ny ? Atw sy lngsung hub komisariat ny tmpt sy mndftr..??

    Suka

  14. Jefri Irawan berkata:

    Kak saya mendaftar nira online tapi email yg saya masukan ke hp lain dan tidak mungkin saya menanyakan kesana, bisakah mengurus nira secara manual

    Suka

  15. Official Hiyori berkata:

    kak, saya sudah daftar terus sudah diverifikasi pihak dpk. apakah bisa mendaftar lagi tapi dengan dpk di lain wilayah? dan untuk mengurus kepindahan anggotanya gimana ya kak?

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.