CARA MELENGKAPI (MEMPERBAHARUI) DATA KEANGGOTAAN DALAM APLIKASI MANAJEMEN KEANGGOTAAN PPNI

Ketika perawat baru berhasil mendaftar menjadi anggota PPNI, maka ia akan mendapatkan NIRA beserta pasword, yang bisa digunakan untuk masuk ke web pribadi masing-masing anggota. Untuk Login box, perawat baru bisa menggunakan NIRA sebagai username sementara. Data yng tertera dalam web kadang masih kurang atau malah tidak valid. Terutama anggota PPNI yang terdaftar sebelum tahun 2019. Bisa dipastikan datanya sangat kacau dan perlu perbaikan. Maka dari itu setiap anggota PPNI wajib melengkapi atau memperbaharui data keanggotaan dalam aplikasi manajemen keanggotaan PPNI, agar diperoleh status data yang lengkap dan valid.

Baca juga :

Cara mendapatkan surat patuh profesi perawat

Cara Perpanjangan Surat Tanda Registrasi Perawat versi 2.0

Cara Mendapatkan Kode Virtual Account untuk Pembayaran Iuran Tahunan PPNI

Cara Mendaftar Anggota Baru PPNI

Petunjuk teknis PKB perawat

Nilai SKP pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) di Aplikasi Manajemen Keanggotaan PPNI

CARA MELENGKAPI (MEMPERBAHARUI) DATA KEANGGOTAAN DALAM APLIKASI MANAJEMEN KEANGGOTAAN PPNI

Cara Mengajukan Permohonan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Anggota PPNI Lewat Aplikasi Manajemen Keanggotaan

Data anggota PPNI yang valid tentunya akan memberikan beberapa manfaat, diantaranya :

  1. Memudahkan anggota dalam menggunakan aplikasi untuk kebutuhan masing-masing anggota (misalnya: membuat virtual account, menginput SKP kegiatan yang telah dilaksanakan, dll)
  2. Membantu pengurus dalam mendapatkan data pendukung untuk keperluan melakukan advokasi kepada pihak terkait dalam memperjuangkan kepentingan anggota dan organisasi PPNI.

Siapa yang Melakukan Pembaruan Data? Pembaruan data dilakukan oleh masing-masing anggota, karena dilakukan secara online.. Pembaruan data tidak memerlukan berkas fisik, cukup berkas dalam bentuk file saja. Sebelum melakukan perbaikan data, sebaiknya persiapkan segala keperluan yang mendukung suksesnya perubahan data, diantaranya adalah :

  • Smartphone/laptop/komputer
  • Paket data internet
  • Email aktif dan tahu paswordnya
  • Pas Foto Resmi berjas PPNI dalam bentuk jpg, png, atau jpeg
  • E-KTP dalam format jpg, png, atau pdf
  • Ijazah terakhir dalam bentuk jpg,png, atau pdf

Kalau semua yang dibutuhkan sudah lengkap, pembaharuan atau perubahan data dapat segera dilakukan. Kalau ingin tutorial dengan versi pdf, bisa diunduh di sini

Segera buka browser kesayangan, menuju ke alamat www.ppni-inna.org

Klik membership untuk masuk ke login box

Untuk anggota sebelum tahun 2019, username masukkan NIRA, sedang paswordnya semua sama yaitu userdemo. Untuk anggota era tahun 2019 dan sesudahnya, username tetap menggunakan NIRA, tapi paswordnya sesuai yang didapatkan melalui email ketika pertama mendaftar sebagai anggota baru PPNI. Setelah login berhasil, maka anda akan berada pada area akun anda.

Untuk mengawali edit data, Anda bisa klik pengaturan akun seperti gambar di atas.

Pengaturan Akun terdiri dari empat tahap edit.

  1. Masukkan email aktif di kolom 1, setelah itu klik simpan, maka akan ada pemberitahuan di email yang dimasukkan tadi, silakan buka email Anda, nanti akan ada konfirmasi dari PPNI.
  2. Pada kolom 2, ganti username untuk memudahkan mengingat ketika akan masuk ke akun. Username bisa diganti dengan nama kita, atau sesuka kita. Kemudia klik simpan
  3. Pada kolom 3 ganti pasword yang lebih aman dan mudah Anda ingat. Pada pasword lama tulis userdemo , selanjutnya pada pasword  baru tulis sesuka Anda, kemudian klik simpan, maka akan ada pemberitahuan di email Anda. Silakan buka email Anda.
  4. Pada kolom 4, biarkan saja.

Bila semua langkah diatas sudah terlampaui dengan sukses, maka tampilannya akan berubah seperti di bawah ini.

Pengaturan akun sukses, Anda akan melanjutkan pada sesi berikutnya, yaitu edit data pribadi. Untuk edit pribadi, langkahnya bisa anda lihat gambar di bawah ini.

Pertama Anda harus klik Data Pribadi, maka akan muncul item baru di bawahnya. Pilih item identitas pribadi. Selanjutnya siapkan E-KTP anda.

Edit sesuai urutan nomor di atas :

  1. Upload foto formal dengan formal jpeg, ukuran tidak lebih 150 kb
  2. Tulis nama lengkap tanpa gelar
  3. Tulis nomor E-KTP
  4. Tulis tempat lahir
  5. Tulis Tanggal lahir
  6. Pilih jenis kelamin
  7. Pilih Agama
  8. Pilih status perkawinan
  9. Tulis gelar depan
  10. Tulis gelar belakang
  11. Upload kartu E-KTP
  12. Tulis alamat RT/RW, Dukuh
  13. Pilih propinsi
  14. Pilih kabupaten/kota
  15. Pilih Kecamatan
  16. Pilih Kelurahan
  17. Tulis kode pos
  18. Tulis telepon rumah
  19. Tulis nomor Handphone
  20. Klik simpan

Setelah klik simpan, maka tampilannya berubah seperti di bawah ini.

Edit Data Pribadi sudah final, selanjutnya adalah Edit Pendidikan

 

Klik Pendidikan, maka tampilannya akan berubah seperti di bawah.

Klik tambah data, maka tampilannya jadi seperti di bawah.

Maka, segera isi sesuai urutan pada angka di atas.

  1. Isi Universitas/Intitusi
  2. Pilih jenjang
  3. Isi peminatan jika ada
  4. Isi peminatan lagi
  5. Pilih periode mulai pendidikan
  6. Pilih periode selesai pendidikan
  7. Isi nomor ijazah
  8. Upload ijazah, file jpg, gif, pdf maksimal 150 kb
  9.  Klik simpan.

Setelah klik simpan, maka tampilannya akan berubah seperti di bawah ini.

Kemudian Lanjut ke step berikutnya, yaitu Tempat kerja utama, Klik Tempat Kerja Utama, maka tampilannya menjadi seperti di bawah ini.

Pilih Tambah Data, maka tampilannya akan berubah seperti di bawah.

Sembilan langkah untuk menyelesaikan sesi ini. Pada bagian ini diisi oleh anggota yang sudah bekerja.

  1. Isi dengan Tempat kerja/praktik
  2. Isi alamat tempat kerja
  3. Isi kota tempat kerja
  4. Isi jabatan di tempat kerja
  5. Isi nomor SIPP
  6. Isi keterangan
  7. Upload dokumen SIPP
  8. Isi telepon tempat kerja
  9. Klik Simpan

Bila sudah disimpan, maka tampilan selanjutnya adalah seperti di bawah ini.

Selanjutnya, langsung menuju ke Data Keanggotaan. Klik Data keanggotaan, maka akan terlihat seperti di bawah ini.

Pada bagian ini terdiri dari Informasi keanggotaan, meliputi NIRA, Status keanggotaan, Anggota komisariat, dan Verifikator DPW. Kemudian ada informasi iuran anggota, terdiri dari Periode Pembayaran, Status Pembayaran, dan Tanggal Pembayaran. Anda juga dapat memilih Keanggotaan dalam ikatan himpunan, pilih salah satu, selanjutnya klik simpan.

Maka, selesai sudah edit data anda. Selanjutnya Anda bisa memakai akun untuk keperluan keanggotaan Anda. Tutorial ini semoga banyak yang mengambil manfaatnya.

4 respons untuk ‘CARA MELENGKAPI (MEMPERBAHARUI) DATA KEANGGOTAAN DALAM APLIKASI MANAJEMEN KEANGGOTAAN PPNI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.