Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Anggota PPNI

Mulai Tahun 2019, kegitan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) anggota PPNI harus melalui situs pribadi masing-masing anggota. Banyak anggota yang kebingungan terutama anggota lama. Dulu para anggota banyak yang menyerahkan sepenuhnya masalah perpanjangan STR kepada pengurus komisariat, tapi sekarang hal ini sudah tidak bisa lagi. Seluruh anggota harus bisa melakukan kegiatan sendiri, mulai dari scan bukti dokumen, memasukkan data ke borang pengisian, sampai upload bukti dokumen. Kegiatan dilakukan selama 5 tahun selama masa berlaku STR. Berikut akan saya tulis juknis dari kegiatan PKB, yang saya salin dari situs https://ppni.inna.org/membership

Baca juga :

Cara mendapatkan surat patuh profesi perawat

Cara Perpanjangan Surat Tanda Registrasi Perawat versi 2.0

Cara Mendapatkan Kode Virtual Account untuk Pembayaran Iuran Tahunan PPNI

Cara Mendaftar Anggota Baru PPNI

Cara pembuatan STR perawat terbaru versi 2.0

Nilai SKP pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) di Aplikasi Manajemen Keanggotaan PPNI

CARA MELENGKAPI (MEMPERBAHARUI) DATA KEANGGOTAAN DALAM APLIKASI MANAJEMEN KEANGGOTAAN PPNI
Cara Mengajukan Permohonan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Anggota PPNI Lewat Aplikasi Manajemen Keanggotaan

Sebelum melakukan PKB, Anda harus masuk ke privat area masing-masing anggota dengan menggunakan username dan pasword masing-masing. Berikut ini akan dijelaskan langkah – langkah PKB yang harus dilakukan oleh anggota organisasi dalam melakukan aktifitas dokumentasi pada aplikasi PKB Persatuan Perawat Nasional Indonesia :

Langkah 1. Permohonan Melakukan PKB

Anggota organisasi yang akan melakukan pencatatan kegiatan PKB diwajibkan melakukan permohonan melakukan pencatatan kegiatan PKB yang telah disediakan dalam fasilitas PRIVATE AREA > PKB > Permohonan Melakukan PKB. Selanjutnya Verifikator DPW akan memeriksa kebenaran data permohonan dan STR terakhir yang diisikan dan kemudian memberikan persetujuan untuk dapat mulai melakukan pencatatan kegiatan PKB.

Langkah 2. Pencatatan kegiatan PKB pada borang pengisian

Anggota organisasi melakukan pencatatan kegiatan PKB dalam fasilitas PRIVATE AREA > PKB > Borang Pengisian . Dalam fasilitas ini anggota telah disediakan daftar kegiatan beserta sistem perolehan nilai SKP untuk setiap kegiatan. Hasil dari pencatatan dapat dilihat pada Buku Log dan Dashboard PKB untuk memudahkan anggota dalam melakukan kontrol terhadap kegiatan yang akan dicatat.

Langkah 3. Pengelolaan buku log kegiatan PKB

Buku log anggota dalam fasilitas PRIVATE AREA > PKB > Buku Log merupakan hasil dari pencatatan yang dilakukan pada fasilitas PRIVATE AREA > PKB > Borang Pengisian. Buku log ini berguna untuk memonitoring pencatatan kegiatan PKB serta hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Verifikator DPW. Sistem penyajian data dikelompokkan setiap tahunnya berdasarkan data STR yang telah diisikan dalam fasilitas sebelumnya.

 

 

Langkah 4. Pengelolaan dokumen persyaratan

Untuk memenuhi persyaratan evaluasi kegiatan anggota maka disediakan fasilitas PRIVATE AREA > PKB > Dokumen Persyaratan. Fasilitas ini berguna untuk melampirkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan oleh Verifikator DPD dan Verifikator DPW sebagai parameter dalam menentukan hasil evaluasi kegiatan PKB anggota. Dokumen persyaratan yang dimaksud antara lain adalah surat pengantar dari Dewan Pengurus Komisariat, Dokumen keterangan kesehatan, dan dokumen dari komisi etik bila ada.

 

Langkah 5. Rangkuman Penilaian PKB

Hasil dari pencatatan kegiatan PKB anggota dapat dilihat difasilitas PRIVATE AREA > PKB > Rangkuman Penilaian PKB. Fasilitas ini memberikan rangkuman laporan kegiatan PKB anggota dalam periode STR yang telah dicatatkan serta memberikan fasilitas untuk melakukan pengajuan evaluasi guna memberikan notifikasi kepada Verifikator DPW untuk segera melakukan evaluasi terhadap tahun kegiatan yang diajukan.

Yups… demikian langkah-langkah kegiatan PKB, semoga memudahkan para perawat, bukan malah menjadikannya semakin terasa ribet.

6 respons untuk ‘Petunjuk Teknis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Anggota PPNI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.