Permasalahan Seputar Pendaftaran Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat

Walaupun system pendaftaran Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat sudah bisa dilakukan secara online, bukan berarti semua perawat yang mendaftar akan bebas dari segala permasalahan. System memang belum sempurna dan masih perlu mendapatkan perbaikan, sehingga akan meminimalkan segala permasalahan. Saya mendapati beberapa permasalahan, bukan karena saya tidak bisa mengoperasikan web mtki, tetapi memang karena system yang tidak bisa merespon dengan baik. Saya akan mencoba menulis masalah yang saya temui, baik yang berhubungan dengan system atau di luar system, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Pendaftaran STR Perawat secara Online

Sebelum melangkah ke permasalahan yang berhubungan dengan system, sebetulnya ada masalah yang berhubungan dengan luar system. Saya akan tulis sesuai dengan yang saya temui di lapangan. Perubahan system pembuatan STR dari manual ke online ternyata membawa dampak pada tidak tahunya cara pembuatannya, baik itu pada pihak lulusan terbaru, pihak kampus, bahkan pihak PPNI. Sosialisasi yang kurang atau mungkin karena memang belum berpengalaman kadang menjadikan pencari STR melampirkan berkas yang tidak diperlukan, sehingga hanya membuang-buang waktu saja.

Minim Jaringan Internet

Jaringan internet merupakan modal utama untuk melakukan pendaftaran online. Era sekarang internet merupakan kebutuhan yang sangat penting. Namun pada kenyataannya internet kadang belum menjangkau seluruh wilayah, terutama daerah pedesaan dan terpencil. Untuk kasus minim internet ini sebetulnya bisa disiasati dengan melakukan pendaftaran di daerah yang mempunyai jaringan internet memadai. Bila tidak punya laptop bisa dilakukan di warnet, tapi lakukan di pagi hari senin sampai jum’at ketika bank buka semua, karena bila dilakukan di malam hari atau hari sabtu minggu akan tertunda ketika ada permintaan pembayaran ke bank.

Bila daerah Anda benar-benar di daerah yang tidak ada jaringan internetnya, sedangkan untuk menuju ke tempat yang ada jaringan internetnya sangatlah jauh, lebih baik Anda langsung menuju MTKP di Provinsi anda tinggal. Anda akan dibuatkan pengantar untuk pembuatan STR secara manual. Sebelum menuju MTKP, pastikan Anda membawa semua persyaratan pembuatan STR.

Perbedaan alamat KTP, alamat rumah, dan alamat intitusi pendidikan

Pada beberapa kasus hal ini pernah terjadi. Misalnya, Andi (bukan nama sebenarnya), sesuai KTP beralamat di Pacitan Jawa Timur, sedangkan sekolahnya di Solo Jawa Tengah. Sedangkan sekarang Andi bekerja di Bandung dan berdomisili di Bandung Jawa Barat. Hal ini kadang menjadikan kebingungan tempat MTKP yang dituju, apakah MTKP Jawa Barat, atau MTKP jawa Tengah, ataukah MTKP Jawa Timur.

Solusi untuk kasus di atas adalah Anda pilih MTKP yang paling mudah untuk dituju dari ketiganya. Anda bisa pilih yang sesuai KTP, intitusi pendidikan atau tempat domisili Anda.

Pembuatan STR Baru tidak Perlu Pengantar Kampus atau PPNI

Kurangnya pengetahuan tentang tata cara pembuatan STR baru kadang membuat pemohon melakukan hal-hal yang tidak perlu, yang hanya akan membuang-buang waktu saja. Kadang kita mencari informasi melalui orang yang tidak tepat, misalnya dosen atau pengurus PPNI. Kadang dosen atau pengurus PPNI memberi informasi berdasar pengalaman tahun-tahun yang lalu.

Informasi yang sering menyesatkan adalah tambahan persyaratan dari kampus dan PPNI daerah Kota atau Kabupaten. Hal ini hanya akan buang-buang waktu saja, karena nantinya tidak akan dipakai. Kadang mencari pengantar dari kampus atau PPNI daerah belum tentu sehari langsung jadi. Sudah susah-susah nyari, giliran diberikan di MTKP… eeee… tidak usah pakai ini. Haduh… jadi boros tenaga nih…

Tidak dapat Email PIN

PIN merupakan kunci untuk masuk ke akun kita. Bila kita tidak punya PIN, maka kita tidak punya akun selamanya. Permasalahannya, kadang email balasan untuk PIN tidak didapatkan. Dicari di inbox, spam, bahkan di tempat sampah pun tak didapatkan. Ditunggu beberapa saat, 1 jam, 2 jam, sehari dua hari email tak didapatkan. Ada yang mencoba daftar lagi dengan email yang sama, tapi jawabannya adalah “Email sudah terdaftar, jika anda lupa PIN anda, silahkan gunakan fasilitas Lupa PIN”. Diulang bekali-kali jawabannya seperti itu terus.

Bila hal ini terjadi, maka langkah yang dilakukan adalah gunakan fasilitas “Lupa PIN”. Bawah halaman permintaan PIN ada tulisa Saya Lupa Pin Akses? Klik saja yang itu.

Setelah itu akan muncul tampilan di bawah ini.

Segera masukkan alamat email Anda, setelah itu klik Send PIN. Segera buka email Anda, cari di inbox, in sya Allah akan anda dapatkan email PIN dari MTKI.

Ada beberapa teman yang terpaksa membuat email baru untuk mendaftar, tapi cara ini akan buang-buang waktu saja. Bisa saja masalah serupa akan terjadi lagi.

Baca juga : Daftar nama dan kontak Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP) se-Indonesia

Bila tidak Mendapatkan Nomor Berkas

Nomor berkas didapat ketika kita sudah memasukkan semua berkas ke Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP). Beberapa hari setelah kita memasukkan semua berkas, dari MTKP akan mengirimkan pemberitahuan bahwa berkas kita sudah diterima di MTKP melalui email kita masing-masing. Selain pemberitahuan, email kita juga berisi tentang adanya nomor berkas. Nomor berkas digunakan untuk melakukan cek status, seberapa jauh STR kita telah diproses.

Pada kenyataannya, banyak kasus teman-teman tidak mendapatkan email pemberitahuan maupun nomor berkas. Satu minggu, dua minggu, satu bulan, dua bulan tak jua muncul.Hal ini kadang bisa terjadi, karena email dari MTKP dikira mengandung muatan SPAM oleh system. Coba buka di SPAM karena kebanyakan kasus email sering menyasar ke SPAM. Kalau di SPAM tidak muncul, maka hubungi Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi di mana tempat Anda mendaftarkan STR.

Baca juga : Cara melihat cek status pembuatan Surat Tanda Registrasi Perawat di situs MTKI

Bila Nama Online Tidak Sama Dengan Nama di Ijazah

Pernah ada permasalahan, ketika pendaftaran online sudah pada langkah pengisian data, ternyata ada perbedaan nama online dengan nama ijazah. Nama online tidak bisa diubah secara manual, karena nama online sudah secara otomatis terisi dari system. Ada teman saya yang bernama lengkap Is’adi Mustofa, tapi di online hanya keluar nama Is. Saya mencoba menghubungi pihak IT kampus, tapi mereka juga tidak tahu cara membetulkannya. Nama Is’adi Mustofa dicoba didaftarkan lagi dengan nama Is adi Mustofa tanpa tanda ‘ di atasnya, tapi tetap tidak menyelesaikan masalah.

Saya bawa permasalahan ini ke MTKP Jawa tengah, ternyata solusinya gampang banget. Saya hanya disuruh mencetak sesuai apa yang tertulis di online, selanjutnya akan diperbaiki secara manual oleh MTKP. Nama di STR nantinya akan disesuaikan dengan nama di ijazah.

Bila data di online tidak sesuai dengan data di Serkom dan Ijazah

Permasalahan yang lain yang saya temui adalah data yang berubah ketika data sudah disimpan. Ketika semua data yang kita masukkan dirasa sudah benar, segera kita save semua data tersebut. Tapi ketika kita cek ternyata data kita jadi berubah, mungkin tanggal lahir, alamat, tempat kerja, nama instansi pendidikan, atau yang lain. Dari data-data tersebut kadang ada yang bisa kita perbaiki lagi, tapi ada juga yang tidak bisa.

Solusinya sama dengan solusi perbedaan nama, yaitu cetak sesuai apa yang tertulis di online. Kesalahan di online nantinya akan diperbaiki secara manual oleh MTKP. Semua data disesuaikan dengan data di ijazah.

Bila tidak mendapati kode billing

Ada yang mengeluhkan ketika langkah pendaftaran sudah sampai pada request kode billing, tapi dari system tidak merespon. Kode billing tidak didapatkan sehingga tidak bisa menuju langkah selanjutnya. Bila hal ini terjadi segera hubungi IT kampus agar tahu letak kesalahannya. Bila IT kampus tidak mampu, langsung ke MTKP agar dibuatkan billing secara manual. Bawa semua persyaratan pembuatan STR agar tidak bolak balik ke MTKP, apalagi bila rumahnya jauh dari MTKP.

Demikian beberapa permasalahan yang pernah saya temui, mungkin masih banyak permasalahan lain karena memang sytem belum sempurna. Semoga ke depannya system pendaftaran STR online semakin baik sehingga menjadi lebih memudahkan.

Semoga bermanfaat.

181 respons untuk ‘Permasalahan Seputar Pendaftaran Surat Tanda Registrasi (STR) Perawat

  1. Ardenela Sinthiya Ginting berkata:

    kak, sy mau bertanya. nama sy salah di str ulang. pada step pertama saya sudah lengkapi semua berkas di ktki kemkes str online, tp pas melihat nama sy salah. sy lapor pihak kampus, bagian pddikti dan pihak kampus sudah memperbaiki nama sy. sy bingung harus melapor kepada siapa. sy dari kebidanan negeri di medan. tolong bantuannya ya kak. terimakasih.

    Suka

  2. Ardenela Sinthiya Ginting berkata:

    Sudah, hanya saja pihak kampus dan pddikti sudah memperbaiki nma sy. Tp waktu sy cek di situs str online. Malah masih salah. Sy harus gmna ya mbak?salahnya itu dmna? mohon bantuannya.

    Suka

    • femiyuliwidya berkata:

      Bagaimana cara memperbaiki/upload ulang jika kita salah upload. Contoh salah upload rekomendasi dari profesi,bukan upload yg asli to upload yg copy…
      Mau di perbaiki to blm bisa di buka (pengajuan di tunda karna rekomendasi diduga palsu).
      Bagaimana cara upload ulang kak .

      Suka

  3. sumarni s berkata:

    maaf mau tanya, gimana kalau nama ibu kandung yang salah sedangkan nama ibu kandung tidak bisa diubah karena sudah paten di sistem str sedangkan ada pemberitahuan untuk memperbaiki nama ibu kandung. saya harus bagaimana untuk memperbaikinya?

    Suka

  4. Sumarni s berkata:

    Bismillah, mf mau bertanya sya sdh perbaiki data di kampus tentang serkom sy y salah dan alhamdulillah sdh ada balasannya di email tentang berhasilx pengurusan str cuma data2nya masih tetap salah dan tetap mengikut di serkom, dan pertanyaaan saya apakah nanti str saya juga salah jika keluar dan mengikuti serkom????? Terimakasi

    Suka

  5. sukma berkata:

    mau minta saran kak, saya salah regisrtasi, harusnya registrsi baru tapi yg di klik perpanjangan .. solusinya bgmn?

    Suka

  6. sitisuaibah.siregar96@gmail.com berkata:

    Ka saya sudah mendapatkan PIN. tetapi tidak bisa login dengan menggunakan email. katanya email tidak terdaftar, solusinya gmn ka???

    Suka

  7. Siti berkata:

    Sebelum ya saya uda mendapatkan Kode PIN dari (ktki.kemkes.go.id.) tetapi saat saya mau login utuk tahap selanjutnya tidak bisa. Email tidak terdaftar. bagi mana solusi ya ka???

    Suka

  8. emelia berkata:

    waktu daftar pertama saya buat registrasi baru. padahal saya harusnya mendaftar registrasi ulang dan naik level. gimana cara mengubahnya ya sist..terimakasih sebelumnya

    Suka

  9. noliedis grace sianipar berkata:

    selamat pagi ka, saya sudah registrasi, data saya sudah diterima, nah, untuk lanjut ke step berikutnya harus ada kode billing, sudah bbeberapa hari iini blum juga muncul, bagaimana itu ka, mohon bantuanya.terima kasih

    Suka

  10. Yoga berkata:

    Pagi min saya pengen nanya kalo NIK tidak valid dan terdapat tulisan NIK sudah digunakan padahal saya blom mendapatkan PIN tsb. Itu kenapa ?
    Tolong di bantu permasalahan saya.
    Terimakasih.

    Suka

  11. Risna berkata:

    ass,, mohon batuannya kak,, kak soal aplikasinya kok tidak bisa di akses ya.. ??? saya sudah hampir 2 minggu ni coba tuk akses situsnya kok ngak jadi,, cuma sampai ke tampilan awalnya saja, ketika pencet opsi BELUM PUNYA PIN ngak jadi aplikasinya ngak merespon. tu gimana ya kak,, mohon bantuanya atau mungkin ada alternatif yang lain !!! Terima kasih sebelumnya.

    Suka

    • Buat email yang namanya sama persis dengan email yang salah, kemudian kalau sudah jadi, masuk lagi ke website ktki, klik lupa pin, dengan masukkan email yang salah tadi ke kolom yang diminta.

      Suka

          • Derniwati berkata:

            Halo kak.. Saya mau bertanya diluar STR ini kak, boleh? Saya mau tanya kak, kalau suatu klinik memakai SIPP kita, apakah ada jasa yang dibayarkan ke kita? Misalkan Perusahaan tersebut memberi kita sekian Rupiah karna memakai SIPP kita.

            Terimakasih

            Suka

  12. vivi yulianti berkata:

    mohon penjelasannya sy salah menginput email, tp sdh mendapatkan PIN bagaimana spy sy bisa menggunakan email yg benar,,,mhn penjelasanya

    Suka

  13. selamat malam bu saya mau minta saran . berhubung saya kemarin daftar STR bu namun saya ada kesalahan di saat masukan nama gmail saya . saya buat Lestarisihombing12@gmail.com padahal seharusnya lestarisihombing12@gmail.com. setelah itu bu saya daftar ke MTKi padahal program baru kan bu dr KTKi . dan akhirnya saya coba dr KTKi bu . malah dibuat bu NIk anda sudah pernah di daftar seperti itu bu . tolong bu bantu saya saya harus gimana bu . karena sudah 5 bulan saya daftar bu seperti itu juga bu. mohon bantuannya bu. kampus saya bu poltekes kemenkes medan prodi kebidanan pematang siantar bu . terima kasih bu

    Suka

  14. Armita berkata:

    Mohon bantuannya kak.
    Saya sudah membayar melalui kode billingnya. Pas ada pemberitahuan di Email. Ternyata asal institusinya salah. Apa STR yang tercetak nanti seperti itu ? Tidak mengikuti STR yang lama. Terima kasih…

    Suka

  15. atik berkata:

    hai ka. saya mau nanya, saya mau perpanjang str, tapi nik saya di tolak dari aplikasi ktki.kemkes.go.id dengan tulisan kami gagal mendapatkan data nik anda. silakan mencoba lagi.. coba 20 kali dengan selang waktu 5 menit tetep ga bisa. saya harus gimana??

    Suka

  16. Rosita berkata:

    Assalamualaikum…
    Mohon bantuanx kakk sya sudah mendaftar online pinx sudah ada tpik tidk langsung dkirim di emailq.. Langsung ada tercantum di kolom daftar… Pas kukasih masuk emailq… Tidk terdaftar… Klw lupa pin email tidk tersedia… Klw blum punya pin.. Nik sudah terdaftar atau dgunakan sblumx.. Klw email lain kupake untuk lupa pin… Email tidk tersedia…
    Mohon pencerahanx kakk

    Suka

  17. Yunita Indarmiani berkata:

    Maaf bp atau ibu..maaf sy mw bertanya..bagaimana kalau sdh dikirim pin dr email dan ingin mendaftar..kenapa selalu tidak masuk..notifikasinya data PINnya tidak valid..sy mencoba utk lupa PIN..PIN tersebut balik lagi ke awal wkt sy dikirim lewat email..PINnya selalu tidak valid..tolong solusinya bagaimana admin..terima kasih

    Suka

  18. Candra berkata:

    Assalamualaikum saya mau bertanya, saya waktu registrasi salah mengisi tanggal lulus dan sudah saya lakukan perbaikan namun masih tetap salah apakah saya harus tetap lanjutkan step berikutnya saja? Dan apakah nanti jika str jadi akan mengikuti data yg ada di ijazah? Bukan data online yg saya masukkan? Terimakasih

    Suka

  19. methelda berkata:

    kak saya mau bertanya. kalau nomor ijazah yang saya masukan ada kesalahan sedangkan itu sudah paten tapi dari sana disuruh perbaiki. bagaimana cara memperbaikinya kak.

    terima kasih

    Suka

  20. Erlin berkata:

    Assalamualaikum ka, ka saya melakukan kesalahan dimana waktu pertama regis tahun tanggal lahir salah jadi data dari dukcapil saya salah yaitu tahun 2019 dan saya pilih data dari dikti yg benar. Namun ini saya dpt perbaikan untuk mengganti tahun tanggal lahir, namun tidak bisa diganti mohon solusinya kak 😦

    Suka

    • Laila berkata:

      Sama saya juga, sayaaku sudah coba hubungi pihak ktki kata beliau soal validasi data kembali ke organisasi profesi pusat masing2, saya coba hubungi dosen , kata beliau nanti akan konfirmasi dg pddikti. Kemaren lihat referensi dri internet, klu mmg data salah masukan aja data yg ada, nnati setelah dicetak nika datanua salah akan diberi surat keterangan. Str yg salah jika mau digunakan hrua dilampirkan dg srt ket. Saya masuk an data yg salah ttp tdk dpt di validasi krn ada ksalahan.

      Suka

  21. melky berkata:

    selamat malam min saya mau nanya kalo NIK tidak valid dan terdapat tulisan NIK sudah digunakan padahal saya blom mendaftar. Itu kenapa ?
    Tolong di bantu permasalahan saya.
    Terimakasih.

    Suka

  22. wonogiri berkata:

    kak saya mau tanya
    saya baru pertama registrasi online
    pada saat registrasi pertama saya salah memasukan nomor ktp dgn nomer KK terus nama saya malah pakek nomer ktp …itu gimana kak cara editnya

    Suka

  23. Yohanes Andrey Welman berkata:

    Sy punya permohonan berkas ditunda…sudah 3 hari ktki tidak respon dengan registrasi str online sy….mohon solusinya

    Suka

  24. monica sri damyanti berkata:

    mba saya mau tanya, kemarin waktu pendafatran str barunya teman saya salah mengetikkan nama emailnya. yang seharusnya rosmidapuhpi@gmail.com tapi salah ketikkan menjadi rosmidapuphi@gmail.com. tetapi tetap mendapatkan PIN hanya saja gak bisa dapat pesan dari email. itu bagaimana yah mba sosusinya apakah itu akan mempengaruhi proses pembuatan str mba?

    Suka

  25. Nur fitri hayati berkata:

    Selamat malam.. kang sy udah 3 hari daftar STR tapi gak ada di email kode billingnya, pas sy cek email hanya di beritau “Maaf permohonan anda ditunda, dengan alasan kami tunda untuk mengecek serkom dan ijazah anda” dan smpai skarang blum ada respon.. Mohon solusinya kang

    Suka

  26. Helga berkata:

    Saya ingin bertanya, bagaimana jika nomor ijazah yang saya masukkan salah, tetapi tidak di beritahukan untuk melakukan perbaikan, dan langsung di berikan billing pembayaran. Mohon solusinya 🙏😭

    Suka

  27. Mathildis berkata:

    Maaf mau tanya Kaka saya kemarin daftar tapi pada kesalahan milih tahun sebelum 2013 padahal saya lulus 2016 dan itu kesalahan di saat masukan nomor ijazah bagaimana sulususinya ..saya periksa di email tapi gak ada pemberitahuan .mohon bantuannya kaka

    Suka

  28. khelara berkata:

    Mohon solusinya<saya minta tolong suami saya untuk daftar STR online tetapi pas pendaftaran yg dimasukkan datanya ktp suami saya sehingga nama pas di regristrasi ulang nama suami saya… Mohon solusinya cara perbaikan atau perubahan data kembali atas nama saya.. trims

    Suka

  29. Ana madona melania carvallo berkata:

    Malam. Ka mohon bantuannya.masalah saya sekrng soal pengurusan str.yg masuk ke email saya sedang di tunda. Bagaimna caranya ka

    Suka

  30. rafikapuja@gmail.com berkata:

    assalamualaikum kang, mohom bantuaya, pada saat daftar tertulis NIK anda sudah pernah digunakan untuk daftar, kemudian saya buat lagi lupa PIN yang tertulis email anda tidak terdaftar, itu gimana ya solusinya???

    Suka

  31. Putri mahdewi berkata:

    Selamat pagi, saya sudah melakukan registrasi dan sudah dibalas untuk melakukan pembayaran tapi ada kesalahan teknis dalam pembayaran sehingga masa berlaku pembayaran habis, apa yang saya harus melakukan registrasi kembali?Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan email dan password untuk mendapat rekom perpanjangan strnya?terima kasih.

    Suka

  32. eko joko berkata:

    bagaimana bila sudah masuk ke tahap registrasi ulang tetapi server tidak langsng ganti langkah malah berbunyi” str dalam tahap registrasi ulang” mohon pencerahan

    Suka

  33. Eghy berkata:

    Kak saya mau tanya status pengajuan str saya di tunda karna ada berkas yg salah lalu saya mau betulkan tapi waktu saya mau betulkan kok tidak bisa yah.. kira2 apa yg harus saya lakukan selanjutnya mohon bantuannya 🙏

    Suka

  34. Tari berkata:

    Maaf, mau nanya. Saya baru mau membuat STR. Sudah saya isi semua, tapi dibagian kode pos tidak ada pilihan yg tersedia dan saat saya klik isi manual ternyata gagal.
    Itu bagaimana ya?

    Suka

  35. Rony Pratama berkata:

    Assalamu.alaikum, Waktu Mendaftar STR, saya Salah Memasukkan Nama, Saya Memasukkan Sesuai KTP, Sedangkan KTP Saya Tidak Sama dengan Ijazah, saya selalu ditolak Oleh Pihak MTKI Karena Nama tidak Sesuai dengan Ijazah, Bagaimana Solusi nya ?

    Suka

  36. Nilawati berkata:

    Salam sehat
    Kak mau tanya TTl akun dan biodata yg sya tdk zm z sdh mengirim pesan lwt email ke helpdesk ktki trus ada blasanya data anda sudah kmi beri status perbaikan. Blasan yg kedua kmi sdh bantu mengubah dri sistem silahkan lanjutkan proses registrasi..pas sya lnjut ke validasi data..keesokan hrinya ada blsan dri mtki .PERMOHONAN ANDA DI TUNDA KARNA TDK MEMPERIKI SESUAI SARAN SBNYK 3 X ..SILAHKAN HUBUNGI HELPDESK KTKI UNTUK MEMPERBAIKI..MOHON SOLUSINYA

    Suka

  37. NILAWATI berkata:

    salam sehat
    kak mau tanya data z bermasalah akun dan biodata tdk zma trus z sdh mengirim pesan ke helpdesk ktki dan balasannya SILAHKAN LAKUKAN PERBAIKAN SESUAI DENGAN INTRUKSI VALIDATOR DARI ORGANISASI PROFESI PUSAT SILAHKAN UNTUK DIUPLOAD PADA APLIKASI…APAKAH MASKSUDNYA ZYA MENGIRIM BERKAS ULANG PERSYARATAN STR KE KTKI..MOHON BANTUANYA

    Suka

  38. Teman saya lahir di awal bulan januari, STR lama berlaku s.d januari 2021.
    Karena pembuatan STR dibuat 3 bln sebelumnya (msh thn 2020) maka otomatis berlakunya STR yg baru sampai januari 2025.
    (2025-2021= 4thn saja)
    Ini berarti kesempatan utk melengkapi berkas STR selanjutnya hanya 3,5 thn saja krn di akhir tahun 2024 hrs mengurus STR lagi.
    Sungguh ini tdk adil bagi anggota yg lahir di awal tahun.
    Apakah ada solusi utk masalah tersebut, agar STR anggota yg lahir di awal tahun bisa berlaku utk 5 thn dan bisa melengkapi SKP minimal 4-4,5 th spt teman sejawat yg lain?

    Suka

  39. Anandaerikha berkata:

    Ka saya mau tanya, jika sudah mendaftar str, registrasi berhasil tapi belom dapet email pin? Kemudian setelah klik lupa pin “pemulihan pin gagal data yang dikirim masih ada yang tidak valid” itu bagaimana ya?
    Terimakasih

    Suka

  40. Wella Triana berkata:

    Kak maaf mau nanya. Padahal saya belum dapat pin tapi pada saat mau daftar katanya no NIK sudah digunakan sebelumnya. itu gimana ya kak solusinya?
    makasih kak

    Suka

  41. riska amelia berkata:

    kak mau tanya, pendaftaran saya sudah sampai tahap 2 tetapi muncul “Untuk lulusan di bawah tahun 2013, Tanggal Lulus maksimal 31 Desember 2013” pada tahun kelulusan, bagaimana solusinya kak ? terima kasih

    Suka

  42. Aksha berkata:

    Selamat sore, nama saya di ktp dengan ijazah beberbeda dan saya diminta untuk membuat surat pernyataan mengenai data mana yang akan digunakan ejaaan nama diakun ( KTP) dan biodata yang diajukan dengan semua berkas yang dilampirkan, namun tidak diberi kejelasan mengenai dimana saya bisa menyertakan surat pernyataan tersebut. Apakah ada solusi perihal kasus ini? Terimakasih banyak.

    Suka

Tinggalkan Balasan ke atik Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.